Pengaruh Psikoedukasi Masalah LGBT Pada Remaja Di Smk Karya Padang Panjang Tahun 2022

Sari Setiarini, Nurhamidah Rahman

Sari


Fenomena yang meningkat saat ini mengenai Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Terjadinya peningkatan angka kejadian ini memerlukan pembekalan pada pengetahuan remaja guna menekan fenomena ini dimana salah satunya dengan metode psikoedukasi. Psikoedukasi adalah salah satu intervensi untuk meningatkan pengetahuan dan keterampilan individu agar dapat menjalani aneka transisi kehidupan secara efektif. Psikoedukasi dalam penelitian ini bersifat langsung yakni dengan melibatkan subjek remaja dalam bentuk penyuluhan dan konseling.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi LGBT untuk meningkatkan pengetahuan tentang LGBT pada remaja. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja. Pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan pretest-post test group design.

Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan pengetahuan setelah di berikan psikoedukasi pada remaja. Berdasarkan hasil uji statistic di dapatkan nilai P value=0,020 (P <  0,05 ) dengan arti kata  ada pengaruh psikoedukasi   terhadap peningkatan pengetahuan responden sebelum dan sesudah di lakukan psikoedukasi tentang  masalah LGBT di SMK Karya Padang Panjang.

Dengan meningkatnya pengetahuan remaja tentang LGBT maka diharapkan remaja dapat terhindar dari perilku LBGT yang akhir-akhir ini semakin marak

Kata Kunci: Psikoedukasi, LGBT dan remaja.  

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulloh. (2006). Pengaruh Budaya Organisasi, Locus Of Control Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat. Tesis. Semarang : Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Anggraeini, M & Elfida, D. (2008). Hubungan Stres dengan Prokrastinasi akademik Pada Mahsiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Vol. 4 no.1. Fakultas psikologi UIN SUSKA Riau.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. . (2009). Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R.A. dan Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial: Jilid I. Jakarta : Erlangga. . (2004). Psikologi Sosial: Jilid II. Jakarta : Erlangga.

Burka, Jane B. dan M.Yuen, Lenora. (2008). Procrastination : Why You Do It, What To Do About It Now. Da Capo Pres.

Djiwandono, S. E. W. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Fatmawati. (2006). Hubungan Locus of Control dengan Kecemasan Dalam Berkomunikasi pada pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Riau. Skripsi (tidak diterbitkan) : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Riau

Fibrianti, I. D. (2009). Hubungan Antara Dukungan Social Orantua Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponogoro Semarang.Skripsi. Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Diponogoro Semarang.

Ghufron, N dan Risnawati, R. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-russ Media.

Gunawinata, A. R. (2008). Perfeksionis, Prokrastinasi Akademik, dan Penyelesaian. Skripsi Mahasiswa. Jurnal vol. 23 no.3. Anima, Indonesian psychologicaljournal.

Hall, C dan Lindzey, G. (2011). Psikologi Kepribadian : Teori-Teori Sifat dan Behavioristik. Yokyakarta : kanisius.

Hartono.(2006). Statistik Untuk Penelitian. Yokyakarta : Pustaka pelajar.

Indrajit, E dan Djokopranoto. (2006). Managemen Perguruan Tinggi Modern. Yogyakarta

: Andi.

Iziana, A. (2010). Hubungan Persepsi Remaja Terhadap Penerapan Disiplin Orangtua dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Riau.Skripsi (tidak diterbitkan) : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Riau.

Knaus, W. (2010). End Procrasitination Now! Get It Done With A Proven Psychological Approach. New Tork : McGraw-Hill Companies, Inc, eBook at newharbinger.com.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Bogor Selatan : Gralia Indonesia.

Neill, J. (2006). What is locus of control? Dalam http://wilderdom.com/psychology/loc/LocusOfControlWhatIs.html.

Nesfvi, I dan Elfida, D. (2009). Hubungan Antara Locus of Control dengan Strategi Koping pada wanita Menopause di Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Jurnal Psikologi Universitas Islam Negeri Riau Vol. 5 No.1. Nugrasanti, R. (2006). Locus Of Control dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Provitae Vol.2 No. 1.

Pramudia, D. G.(2008). Demi waktu dalam http://visipramudia.wordpress.com/2008/05/02/demi-waktu/).

Prasetyo, B. dan Jannah, L.N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Ramly, N. (2005). Membangun Pendidikan yang Memberdayakan dan Mencerahkan.

Jakarta : Grafindo.

Sevilla, Consuelo, dkk. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : UI-Press.

Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. Sudaryono. (2007). Resiliensi dan Locus of Control Guru dan Staff Sekolah Pasca gempa. Jurnal Pendidikan No.1




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4061

Article Metrics

Sari view : 227 times
PDF - 576 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.