Penerapan Asuhan Kebidanan Melalui Stimulasi Motorik Kasar Dengan Metode Permainan Pada Balita “Q” Usia 48 Bulan Di Puskesmas Nanggalo Tahun 2022
Sari
Permasalahan tumbuh kembang yang terjadi pada balita disebabkan karena kurangnya stimulasi yang diberikan kepada balita. Data permasalahan anak yang mengalami gangguan perkembangan di Indonesia sebanyak 13-18%. Kondisi ini terjadi karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki orang tua tentang stimulasi yang adekuat sesuai dengan usia balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan stimulasi perkembangan motorik kasar pada An. Q usia 48 bulan di Puskesmas Nanggalo Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah balita Q berusia 48 bulan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan pemberian asuhan kebidanan pada balita dengan menggunakan KPSP, timbangan, pita ukur dan alat stimulasi. Penelitian ini telah dilakukan di Puskesmas Nanggalo pada tanggal 02 April s/d 23 April Tahun 2022 selama 3 kali kunjungan. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan. Asuhan kebidanan yang dilakukan berupa pemberian stimulasi perkembangan motorik kasar selama 3 kali pertemuan dengan menggunakan alat bantu stimulasi. Sebelum diberikan stimulasi skor perkembangan anak bernilai 7 yang artinya meragukan. Setelah diberikan stimulasi sebanyak 3 kali pertemuan, skor perkembangan anak bernilai 9 yang artinya perkembangan anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Kesimpulan setelah dilakukan penerapan stimulasi perkembangan motorik kasar pada An. Q menjadi normal dan perkembangan anak menjadi sesuai. Saran untuk orang tua dan keluarga agar selalu memberi stimulasi yang terarah dan terus menerus kepada balitanya supaya balita bisa berkembang secara optimal.
Kata Kunci : Balita, Motorik Kasar, Stimulasi
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adiputra, I. M. S., & Dkk. (2021). Metode Penelitian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.
Agustia, D. R., Setyaningsih, W., & Suharno, B. (2021). Perkembangan Psikososial Anak Usia 3-4 Tahun di Daycare. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(3), 149–154. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i3.75
Armini, N. W., Sriasih, N. G. K., & Marhaeni, G. A. (2017). Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Prasekolah. Penerbit ANDI.
Brantasari, M. (2020). Bermain Sepeda Untuk Melatih Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 119–125. https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.648
Darah Ifalahma, & Nur Hikmah. (2020). Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Motorik Kasar pada Balita usia 3-4 Tahun. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 10(2), 20–27. https://doi.org/10.47701/infokes.v10i2.1028
Destiyani, J., Prasetyowati, D., & Purwadi. (2019). Analisis Perkembangan Motorik Anak Pada Usia 3-4 Tahun. Seminar Nasional PAUD 2019, 48–53. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/440
Hayati, N., & Fatimaningrum, A. S. (2017). Pelatihan Kader Posyandu Dalam Deteksi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 651–658.
Hidayat, A. A. (2012). Pengantar Ilmu Keperwatan Anak. Salemba Medika.
Kebidanan, P. D. (2022). Pedoman PenyusunanTugas Akhir Prodi D III Kebidanan STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang.
KIA. (2019). Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Marmi, & Rahardjo, K. (2012). Asuhan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Prasekolah. Pustaka Pelajar.
Maryunani, A. (2016). Manajemen Kebidanan Terlengkap. CV Trans Info Media.
Mulyaningsih, S., Djunaid, U., & Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo, K. (2021). Studi Literatur :Pengaruh Stimulasi Ibu Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Bayi Umur 1-3 Tahun. Pengaruh Stimulasi Ibu Terhadap Perkembangan Motorik Kasar, 10(2), 9–15. https://doi.org/10.31314/mjk.10.2.9-15.2021
Noerbaya, S., Johan, H., & Wati, N. W. K. W. (2020). Asuhan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Prasekolah. Gosyen Publishing.
Nur, C. A. (2011). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Atien Nur Chamidah. Jurnal Pendidikan Khusus, vol.1 no.3, 1–8.
Nur Kholifah, S., Fadillah, N., As, H., Hidayat Program Studi III Keperawatan Kampus Sutopo Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Surabaya Penulis korespondensi, T. D., & Kemenkes Surabaya Alamat, P. (2014). Perkembangan Motorik Kasar Bayi Melalui Stimulasi Ibu Di Kelurahan Kemayoran Surabaya. Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Stimulasi Ibu Di Kelurahan Kemayoran Surabaya.
Nurrizka, R. H. (2019). Kesehatan Ibu dan Anak dalam Upaya Kesehatan Masyarakat. Rajawali Pers.
Patiung, D., Ismawati, I., Herawati, H., & Ramadani, S. (2019). Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 25. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9223
RI, K. K. (2016). Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak.
Rizkiyah, L., Hendrawijaya, A. T., & Himmah, I. F. (2018). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun Dengan Keterampilan Gerak Dasar Di KB Gita Nusa Kabupaten Jember. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 14–16.
Ruauw, J., Rompas, S. S. ., & Gannika, L. (2019). Stimulasi Motorik Dengan Perkembangan Fisik Pada Anak Usia 3-5 Tahun. Keperawatan, 7, 1–8.
Rukiah, A. Y., & Yulianti, L. (2013). Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. CV Trans Info Media.
Sari, E. N., & Khotimah, S. (2020). Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi dan Balita. Penerbit IN MEDIA.
Sari, H. puspa, Ediatmi, & Wulandari, S. (2015). Pengaruh Permainan Menara Kubus Terhadap Perkembangan Balita Umur 14-18 Bulan di Posyandu Wilayah Puskesmas Pesantren II Kota Kediri Tahun 2015 Berdasarkan studi pendahuluan di 2015 , di Puskesmas Pesantren II Dampak mikro dari keterambatan confident ( ra. October.
Sunarsih, T. (2018). Tumbuh Kembang Anak. PT Remaja Rosdakarya.
Syofiah, P. N., Machmud, R., & Yantri, E. (2020). Analisis Pelaksanaan Program Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Balita di Puskesmas Kota Padang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4), 151–156. https://doi.org/10.25077/jka.v8i4.1133
Yatma Adi, Maemunah Neni, A. catur R. (2015). Hubungan Pola Tidur Dengan Perkembangan Anak. 2504, 1–9.
Zukhra. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Tumbuh Kembang Terhadap Perkembangan Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Baru. Jurnal Ners Indonesia, 8(1), 8–14.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4058
Article Metrics
Sari view : 456 timesPDF - 197 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.