Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Perilaku “ Merdeka Belajar” Siswa Sma Negeri Kota Padang

Nonong Amalita, Mudjiran Mudjiran

Sari


Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis zonasi diterapkan di Kota Padang pertama kali pada tahun 2018/2019, sistem ini memberikan peluang 75% untuk calon siswa yang berada pada zona sekolah, 25% diambil berdasarkan nilai dan 5% untuk jalur khusus seperti mengikuti tugas orang tua sebagai pejabat negara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pelaksanaan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru di SMAN kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada SMAN 1 dan SMA 12 Padang dengan pendekatan psikologis, adapun pengambilan datanya menggunakan wawancara, dokumen dan observasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa pelaksanaan PPDB zonasi di kota Padang terdapat 2 dampak positif lingkungan beragam akan menstimulasi murid, guru tetap kompeten dalam mengajar, menghemat tarif dan waktu lebih efesien-dan dampak negatif dari berbagai elemen anak tidak dapat masuk ke SMA Negeri meski nilainya bagus, siswa terbaik tidak dapat bersekolah di SMA Negeri karena berada pada wilayah blank spot, guru harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengajar para siswa berprestasi rendah, kurang disiplin, perilaku siswa yang cenderung negatif akan mudah menular ke siswa yang lain. Sehingga dapat menjadi gambaran adanya kebijakan zonasi di samping dampak positif juga memberikan dampak terhadap perilaku siswa di SMAN Kota Padang yang kurang disiplin dan pada akhirnya menimbulkan prestasi akademik rendah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiputra, Antonius Rahardityo, Ravik Karsidi dan Bagus Haryono, Stakeholder’ (2019) “Perception About Zoning System of New Student Entrollment Programme (PPDB) at SMA Negeri 2 Sukoharjo in The Academic Year 2018/2019”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, Vol. 2.

Albarracin, Dolores, Blair T. Johnson dan Mark P. Zanna, The Handbook of Attitude. Routledge. 2005.

Baumrind, Diana. The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Substance Use, Jurnal of Early Adolescence, Vol. 11, No.1, February 1991.

Bowang Dermawan, Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama, http://journals. ums.ac.id/index.php/varidika/article/ view/1724, Jurnal Varia Pendidikan, Vol. 27, No. 2 Desember 2015.

Jannah, Hasanul. (20130. Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia di Kecamatan Ampek Angkek. Jurnal Pesona Paud. Vol. 1. Kemdikbud.Indikator Pendidikan di Indonesia2012/2013. Jakarta: kemendikbud. 2013.

Coleman. The Concept of Equality ofEducational Oppurtunity. Harvard Eduzational Review. https://files.eric. ed.gov/fulltext/ED015157.pdf.

Owens, Ann.(2017) Income Segregation BetweenSchool Districts and Inequality Students Achievement. Sage Journals Sociology o fEducation.November.

Purwanto,Nurtanio Agus. (2006). Kontribusi Pendidikan Bagi Pembangunan Ekonomi Negara

https://journal.uny.ac.id/ index.php/jmp/article/view/4051. Jurnal Manajemen Pendidikan. No. 02.

Safarah, Azizah Arifinna dan Udik Budi Wibowo. (2018). Program Zonasi di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pemerataan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol. 21, No. 2.

Tilaar, H.A.R. (2003). Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional Dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Tim, “Protes Orang Tua di Yogyakarta soal PPDB Sistem Zonasi”, https://kumparan. com/@kumparannews/protes-orang-tua-di-yogyakarta-soal-ppdb-sistem-zonasi-27431110790539811

“Penerimaan Peserta Didik Baru: Blank Spot Muncul Dalam Sistem Zonasi Siswa”, Suara Pembaruan, 14-15 Juli 2018.

Wahyuni, Dinar. Pro Kontra Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2018/2019, Puslit Badan Keahlian.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.3951

Article Metrics

Sari view : 251 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.