Pengaruh Kepercayaan Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Sistus e-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Dharma Andalas)

Alvin Alfian, Yentisna Yentisna, Ezizwita Ezizwita

Sari


Perkembangan masyarakat saat ini semakin canggih dan modern, yang menunjukan banyaknya orang yang mencari sesuatu yang mudah dan praktis. Perubahan ini dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti lingkungan eksternal yang terkait dengan perkembangan teknologi yang digunakan website dan aplikasi untuk mendorong konsumen berbelanja secara online. E-commerce adalah transaksi online antara penjual dan pembeli dan dapat dilakukan dimana saja. Karena banyaknya peluang belanja dan berbagai jenis produk atau jasa yang ditawarkan dalam e-commerce, Indonesia menjadi salah satu pusat berbelanjaan. Hal ini memaksa banyak penjual untuk bersaing dengan cara yang berbeda, untuk menawarkan produk dengan cara yang diinginkan konsumen. Dengan perkembangan ini, penjual mengikuti kebutuhan konsumen agar lebih praktis dan efektif. Proposal Penelitian ini ditulis bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan dan Promosi terhadap minat pembelian ulang pada sistus e-commerce shopee(studi kasus pada mahasiswa FEB Universitas Dharma Andalas). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FEB Universitas Dharma Andalas. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisa data yang dipergunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diperoleh hasil yang dirangkum sebagai berikut: 1) kepercayaan berpengaruhpositif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang, 2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang, 3) promosi pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang, 4) kepercayaan dan kualitas pelayanan dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang, 5) Hasil uji koefisien detreminasu nilai adjusted R square adalah sebesar 0.751 hal ini berarti 75,11% dari minat pembelian ulang pada situs e-commerce Shopee pada mahasiswa FEB Universitas Dharma Andalas yang dapat dijelaskan oleh kepercayaan, kualitas pelayanan dan promosi. Kata Kunci: Kepercayaan Kualitas Pelayanan, Promosi dan Minat Pembelian Ulang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alexi, M. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Product Design Terhadap Purchase Decision Dan Repurchase Intention Pada Produk Sepatu Futsal Merek Specs Di Kota Pekanbaru. JOM Fekon, 4(1), 350–363.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bhuwaneswary, A. (2016). Perilaku Belanja Online Dan Kontrol Diri Mahasiswa Belitung Di Yogyakarta Tahun 2016. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi, 9, 222–234. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/4354/4030

Chou, S. W., & Hsu, C. S. (2016). Understanding online repurchase intention: social exchange theory and shopping habit. Information Systems and E-Business Management, 14(1), 19–45. https://doi.org/10.1007/s10257-015-0272-9

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Islamiyah, N., Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prmosi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada pengguna E-commerce Shopee Mahasiswa Universitas Islam Malang). E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 156–167.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15th Editi). Pearson Education,Inc.

Kurniawan, A. (2014). Metode Riset untuk ekonomi & Bisnis Teori, Konsep dan Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengolahan Data dengan IBM SPSS 22.0). Bandung: Alfabeta.

Kuşçu, A., & Özçam, D. S. (2014). Analyzing Factors Affecting Repurchase Intention During Gezi Park Brand Protest. European Journal of Business and Management, 6(38), 177–188.

Norhermaya, Y. A. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi pada Online Store Lazada.co.id). Journal of Management., 5(3), 1–13.

Parastanti, G. P., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2014). Pengaruh Prior Online Purchase Experience Terhadap Trust Dan Online Repurchase Intention (Survey pada Pelanggan ZALORA Indonesia Melalui Website www.zalora.co.id). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 16(1), 1–7.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Puspitasari, I., & Briliana, V. (2017). Pengaruh Perceived Ease-of-Use, Perceived Usefulness, Trust Dan Perceived Enjoyment Terhadap Repurchase Intention (Studi Kasus Pada Website Zalora Indonesia). Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 19(2), 171–182. https://doi.org/10.34208/jba.v19i2.270

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen : Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tilaar, 1Florida, Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Pengguna Shoppe Secara Online Pada Anggota Pemuda Gmim Zaitun Mahakeret. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2028–2037. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20932

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service Quality & Satisfaction (Edisi 4). Yogyakarta: Andi.

Wiku W, R., Hartono, & Subagja, G. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Online (Studi Pada Pengguna Aplikasi TIX.ID di Bandar Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(5), 212–221.

Wiyata, M. T., Putri, E. P., & Gunawan, C. (2020). Pengaruh Customer Experience, Ease of Use, dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli Online Shopee di Kalangan Mahasiswa Kota Sukabumi. Cakrawala-Repositori IMWI, 3(1), 11–21.

Yusuf, I. N. Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Di E-Commerce Shopee. Jurnal Univesitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i2.3862

Article Metrics

Sari view : 598 times
PDF - 252 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.