HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI KELURAHAN MATA AIR KOTA PADANG

Rikayoni Rikayoni, Dian Rahmi

Sari


Kesuksesan dalam dunia pendidikan tidak hanya bergantung pada kecerdasan intelektual (IQ) saja tetapi juga sangat ditentukan oleh seberapa besar tingkat kecerdasan emosional (EQ) dari peserta didik. Hal inilah yang harus menjadi sorotan sebagai pengajar untuk membekali peserta didik tidak hanya pada kecerdasan intelektual akan tetapi juga kecerdasan emosional. (Irmawati dkk, 2016). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Kelurahan Mata Air Kota Padang Tahun 2021.
Desain penelitian ini menggunakan desain cross sectional study, dilakukan pada tanggal 15-20 Juni 2021. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tinggi sebanyak 20 orang (66.7%) dan rendah sebanyak 10 orang (33.3%). Didapatkan dengan uji Chi Square hasil uji statistik nilai p value= 0.00 berarti p value < 0.05 sehingga dapat disimpulkan ada Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Kelurahan Mata Air.
Disarankan kepada responden agar dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenali emosi diri dengan cara berusaha untuk menenangkan diri dari berbagai perasaan yang campur aduk, fokuslah untuk membuang perasaan-perasaan seperti rasa takut dan cemas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ananta, Muh. Jidan. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas V SDN Ketawanggede Malang. Skripsi. Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang. Hal 4-8.

Eva, Lin Mas, dkk. 2015. Hubungan kecerdasan emosional dan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar matematika SMPN 01 Cikarang jawa barat. Jurnal formatif. Vol. 5 No 3: 245-256.

Goleman, Daniel. 2018. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Irmawati, dkk. 2016. Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Jurusan Pendidikan Matematika UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol. 4 No 2: 156 – 157.

Kemendikbud. 2017. Ikhtisar Data Pendidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marhaeni, Nisa. 2016. Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V sd segugus i Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 4.

Purnama, Indah Mayang. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di SMAN Jakarta Selatan Tahun 2016. Jurnal Formatif. Vol. 6 No 3: 233-234.

Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Sukma, Dina. 2012. Pengantar Studi Psikologi. Padang : UNP.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3792

Article Metrics

Sari view : 260 times
PDF - 250 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.