HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI KELURAHAN MATA AIR KOTA PADANG
Sari
Desain penelitian ini menggunakan desain cross sectional study, dilakukan pada tanggal 15-20 Juni 2021. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tinggi sebanyak 20 orang (66.7%) dan rendah sebanyak 10 orang (33.3%). Didapatkan dengan uji Chi Square hasil uji statistik nilai p value= 0.00 berarti p value < 0.05 sehingga dapat disimpulkan ada Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Kelurahan Mata Air.
Disarankan kepada responden agar dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenali emosi diri dengan cara berusaha untuk menenangkan diri dari berbagai perasaan yang campur aduk, fokuslah untuk membuang perasaan-perasaan seperti rasa takut dan cemas
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ananta, Muh. Jidan. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas V SDN Ketawanggede Malang. Skripsi. Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang. Hal 4-8.
Eva, Lin Mas, dkk. 2015. Hubungan kecerdasan emosional dan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar matematika SMPN 01 Cikarang jawa barat. Jurnal formatif. Vol. 5 No 3: 245-256.
Goleman, Daniel. 2018. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Irmawati, dkk. 2016. Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Jurusan Pendidikan Matematika UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol. 4 No 2: 156 – 157.
Kemendikbud. 2017. Ikhtisar Data Pendidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marhaeni, Nisa. 2016. Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V sd segugus i Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 4.
Purnama, Indah Mayang. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di SMAN Jakarta Selatan Tahun 2016. Jurnal Formatif. Vol. 6 No 3: 233-234.
Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Sukma, Dina. 2012. Pengantar Studi Psikologi. Padang : UNP.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3792
Article Metrics
Sari view : 260 timesPDF - 250 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.