KETIMPANGAN AGRARIA DAN UPAYA TATA KELOLA SUMBER-SUMBER AGRARIA OLEH PEMERINTAHAN NAGARI PASCA UU DESA
Sari
Kata kunci: Ketimpangan Agraria, Pemerintahan Desa/Nagari, UU Desa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah upaya mendukung penggunaan penelitian kualitatif (4th ed.). Rajawali Pers.
Bachriadi, D. & G. W. (2011). Enam Dekade Ketimpangan Masalah Penguasaan Tanah di Indonesia (1st ed., Vol. 1). ARC.
BPS. (2021a). Kabupaten Lima Puluh Kota Dalam Angka 2021. In Badan Pusat Statistik Kabupaten Lima Puluh Kota.
BPS. (2021b). Profil Kemiskinan di Indonesia September 2020.
Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed., Vol. 5). SAGE.
Eko, S. (2014). Desa Membangun Indonesia (I, Vol. 1). Forum Desa.
Fauzi Noer. (2013). Rantai Penjelas Konflik Agraria. Bhumi, 37(12), 1–14.
IRE. (2016). reforma agraria dari desa.
KBBI.web.id. (n.d.). Arti kata timpang - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Retrieved February 14, 2022, from https://kbbi.web.id/timpang
Lalira, D., Nakoko, A. T., Pingkan, I., & Rorong, F. (2018). Pengaruh Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Terhadap Tingkat Kemiskinan di Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 18(04), 62–73.
Linda, N., Indrawari, I., & Karimi, S. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketimpangan Penguasaan Tanah di Provinsi Jambi. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(2), 398–407. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.02.15
Litbang ATR BPN. (2019). LAPORAN AKHIR PENELITIAN: Ketimpangan dan Penguasaan Lahan.
Muhajir, M., Sumardjono, M. S. W., Ferdinand, J., Auriga, Y., Universitas, N., Mada, G., Komisi, N., & Korupsi, P. (n.d.-a). Harmonisasi Regulasi dan Perbaikan Tata Kelola Sumber Daya Alam di Indonesia. Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS, 5(2), 1–13. https://doi.org/10.32697/integritas.v5i2-2
Muhajir, M., Sumardjono, M. S. W., Ferdinand, J., Auriga, Y., Universitas, N., Mada, G., Komisi, N., & Korupsi, P. (n.d.-b). Harmonisasi Regulasi dan Perbaikan Tata Kelola Sumber Daya Alam di Indonesia. Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS, 5(2), 1–13. https://doi.org/10.32697/integritas.v5i2-2
Mulyanto. (2018). UU Desa Beri Harapan Baru Untuk Masyarakat Hukum Adat. https://ugm.ac.id/id/newsPdf/16009-uu-desa-beri-harapan-baru-untuk-masyarakat-hukum-adat
Munandar, I. & I. (2019). Kebijakan Dana Desa dan Konflik Sosial. Jurnal Analisis Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 5(2), 106–124.
Nurdin, I. (2017). Mewujudkan Desa Maju Reforma Agraria. BHUMI: Jurnal Agraria Dan Pertanahan, 3(1), 82–97.
Shohibuddin. (2016). Peluang dan Tantangan Undang-undang Desa dalam Upaya Demokratisasi Tata Kelola Sumber Daya Alam Desa: Perspektif Agraria Kritis. Masyarakat , 2(2016), 1–33. www.journal.ui.ac.id/mjs
Shohibuddin, M. (2018). Perspektif Agraria Kritis : Teori , Kebijakan dan Kajian Empiris. March.
Shohibuddin, M. (2019a). Memahami dan Menanggulangi Persoalan Ketimpangan Agraria (1). BHUMI: Jurnal Agraria Dan Pertanahan, 5(1), 1. https://doi.org/10.31292/jb.v5i1.315
Shohibuddin, M. (2019b). Memahami Dan Menanggulangi Persoalan Ketimpangan Agraria (2). BHUMI: Jurnal Agraria Dan Pertanahan, 5(2), 136–149. https://doi.org/10.31292/jb.v5i2.366
Shohibuddin, M. (2019c). Memahami Dan Menanggulangi Persoalan Ketimpangan Agraria (2). BHUMI: Jurnal Agraria Dan Pertanahan, 5(2), 136–149. https://doi.org/10.31292/jb.v5i2.366
Sugiman. (2018). Pemerintahan Desa. Binamulia Hukum, 7(1), 82–95.
Sylla, O., du Plessis, J., Ochong, R., Nairesiae, E., Mabikke, S., Tempra, O., Wanyonyi, A., Quinlan, V., Mulinge, J., & Nyamweru, H. (n.d.). Land Governance: A Review and Analysis of Key International Frameworks A REVIEW AND ANALYSIS OF KEY INTERNATIONAL FRAMEWORKS SECURING LAND AND PROPERTY RIGHTS FOR ALL. www.unhabitat.org
Wawancara bersama Wali Nagari Situjuah Gadang. (n.d.).
Wicaksono, A., & Nugroho, R. (2015). Harmonisasi Hukum Pengelolaan Sumber Daya Alam di Indonesia dan Pengelolaan Tanah di Negara. Bhumi, 1(2), 123–134.
Wiradi. (2009). Seluk beluk masalah agraria.
Yarni, M. (2014). Menuju Desa Yang Maju, Kuat, Mandiri, Dan Demokratis Melalui Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Inovatif, VII(II), 17–27.
Sumber Website
https://id.wikipedia.org/wiki/Situjuah_Limo_Nagari,_Lima_Puluh_Kota
https://infonesia.id/wilayah/sumatera-barat/lima-puluh-kota/situjuah-limo-nagari/situjuah-gadang/
https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/situjuah_gadang
https://kec-situjuah.limapuluhkotakab.go.id/Welcome/tampilStatis/175
https://langgam.id/nagari-situjuah-gadang-situjuah-limo-nagari-kabupaten-limapuluh-kota/
https://p2k.unkris.ac.id/id3/1-3073-2962/Situjuh-Lima-Nagari_189439_p2k-unkris.html
http://serumpunpadimenguning.blogspot.com/2010/06/alasan-memilih-sago-arfi-pasangan-no-4.html
https://www.harianhaluan.com/sumbar/pr-10199404/petani-situjuah-kehilangan-harapan
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3786
Article Metrics
Sari view : 479 timesPDF - 385 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.