PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV.B SDN 02 PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

ANI SYAH

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran
IPA siswa kelas IV.B SDN 02 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Rendahnya hasil belajar
siswa dilihat dari nilai Ujian Tengah Semester yaitu dari 25 siswa hanya 10 siswa yang
nilainya diatas KKM, 15 siswa di bawah KKM. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk
mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe
Numbered Heads Together. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah mode
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA
di kelas IV.B SDN 02 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Sedangkan tujuan penelitian in
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Kelas IV.B SDN 02
Pasaman Kabupaten Pasaman Barat melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV.B SDN 02 Pasaman
Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 25 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar IPA
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis dengan
analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Numbered Heads
Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pada siswa kelas
IV.B SDN 02 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Hasil belajar pada siklus I menunjukkan
48% dengan tingkat hasil belajar berada pada kategori sedang. Pada siklus II rata-rata nila
hasil belajar siswa menjadi 68%. Pada siklus III rata-rata nilai dengan tingkat hasil belajar
siswa menjadi 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa
kelas IV.B SDN 02 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, A.A. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Institut Keguruan dan

Ilmu Pengetahuan Negeri.

Depdikbud. 1994. Petunjuk pelaksanaan proses belajar mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Effendi, Z. Mawardi. 2010. Istilah-Istilah dalam Praktik Mengajar dan Pembelajaran.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada.

Jufri, Wahab. 2013. Belajar Dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Trianto. 2010. Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Bumi Prestasi

Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i77.372

Article Metrics

Sari view : 122 times
PDF - 91 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.