PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PAYAKUMBUH

Lili Hasmi, Neneng Wahyuni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model scramble terhadap keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pada penelitian ini digunakan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan model konvensional sedangkan kelas eksperimen menggunakan model scramble. Jumlah populasi 175 siswa, penarikan sampel menggunakan tenik purposive sampling dengan jumlah sampel 60 siswa yang tersebar dari kelas kontrol 30 siswa dan kelas eksperimen 30 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan test unjuk kerja dengan indikator menentukan unsur teks berita (5W+1H) dan menulis ringkasan serta penyimpulan berita. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpilkan bahwa hasil uji t (t-tes) dalam kelas kontrol membuktikan thitung dengan ttabel (thitung=2,114>ttabel=2,045) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha (hipotesis alternatif) diterima. Sedangkan hasil t (t-tes) dalam kelas eksperimen membuktikan thitung dengan ttabel (8,365>2,045), karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha (hipotesis alternatif) diterima. .Jadi, dapat disimpulkan penggunaan model scramble berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menyimak teks berita.

Kata kunci: menyimak, teks berita, model scramble

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kadariyah, Neneng. 2018. Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP/MTs. Modul Tema 6: Mencari Informasi Terkini. Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Kesetaraan Dltjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pratiwi, Ni Wayan Eviyanti Siska. 2018. Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol. 3 No. 4

Shoimin, Aris. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudarmi dan Burhanuddin. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makkasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. Vol. 1 No. 1.

Suryaningtyas, Karlina. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dan Media Wayang Terhadap Kemampuan Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Siswa Kelas III SDN Ngadirejo Kediri. Jurnal Simki - Pedagogia. Vol. 1 No. 8.

Yunus, Nur Hafsah. 2018. Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita dengan Menggunakan Metode Team Product. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU. Vol. 14 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i1.3569

Article Metrics

Sari view : 220 times
PDF - 160 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.