UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI TASK-BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII.7 MTsN 4 KOTA PADANG

Zulfa Desmarita

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang Upaya Peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris melalui Task-based Learning di Kelas VIII.7 MTsN 4 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 37 orang peserta didik Kelas VIII.7 MTsN 4 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Task-based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di MTsN 4 Kota Padang. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 62 (Cukup) meningkat menjadi 85 (Baik) dengan peningkatan sebesar 23%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Bahasa Inggris, Task-based Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi.

Benson, Nigel C & Simon Grove (Alihbahasa: Medina Chodijah). (2000). Mengenal Psikologi for Beginners. Bandung: Mizan

Brumfit (2001:35), http://cuhyethun.blogspot.co.id/2015/08/hakikat-bahasainggris,html?=1 Diakses pada tanggal 2 Juli 2022

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta:

Ebbut dalam Kasihani Kasbolah , 2001. Keterampilan belajar .Jakarta : Gramedia

Ellis, Rod. (2003). Second Language Acquisition. New York: Oxford University Pres.

Izzan, Ahmad dan Mahfuddin, FM. 2007. How To Master English. Jakarta: Kesaint Blanc

Jakarta: PT. Rineka Cipta

Nana Sudjana.(2002).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Nashar.Drs.2004.Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran.Jakarta:Delia press.

Nunun, David. (2004). Task –Based Language Teaching. New York. Cambridge University Press. Press. Rineka Cipta.

Siahaan, Sanggam. (2008). Issues in Linguistics. Yogyakarta:Graha Ilmu

Siregar, Eveline & Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor: Galia Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Spratt, Mary et al. 2005. The TKT Course. Cambridge: Cambridge University

Suyono dan Hariyanto. 2022. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3442

Article Metrics

Sari view : 185 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.