OPTIMALISASI PEMASARAN TANAMAN OLERIKULTURA (KASUS PADA PEMASARAN CABAI BESAR DI KOTA PAYAKUMBUH)

Muhamad Reza, Rosi Hamida

Sari


Cabai besar merupakan salah satu komoditas olerikultura yang dihasilkan di Kota Payakumbuh. Fluktuasi harga cabai besar yang sering dihadapi petani, mengakibatkannya sulit memasarkan cabe dengan harga layak. Kondisi tersebut menimbulkan kerugian petani, pada saat harga berada dibawah biaya produksi yang dikeluarkan petani. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian dengan tujuan mengoptimalkan pemasarannya melalui perumusan strategi pemasaran cabai besar yang dilaksanakan di Kota Payakumbuh. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan dengan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus. Jumlah responden penelitian sebanyak 30 orang yang terdiri dari petani cabai besar dan pelaku pemasaran cabai besar. Variabel utama terdiri dari lembaga pemasaran, saluran pemasaran, margin pemasaran, fungsi pemasaran, permsalahan pemasaran, dan strategi pemasaran. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Temuan yang didapatkan yaitu lembaga pemasarannya terdiri dari pedagang perantara, pedagang pengumpul, dan sub terminal agribisnis. Saluran pemasaran yang ditemukan mulai dari saluran pemasaran pendek sampai dengan saluran pemasaran panjang. Margin pemasaran cabai sebesar Rp. 1.000,- sampai dengan Rp 2.000,- per kg. Permasalahan utama pemasaran cabai besar yaitu terjadinya fluktuasi harga yang tidak bisa dikendalikan petani dan pelaku pasar, belum tersedianya kebijakan pemerintah untuk mengatasi fluktuasi harga cabai besar dan tidak berjalannya fungsi terminal agribisnis sebagai inovasi yang dimiliki oleh pemerintah. Stragi yang dapat digunakan yaitu mengoptimalkan peran pemerintah, memperpendek saluran pemasaran dan membangun industri antara dan hilir berbahan baku cabe di Kota Payakumbuh.
Kata Kunci: fluktuasi, saluran pemasaran, fungsi pemsaran, strategi pemasaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPS Indonesia. 2021. Statistik Hortikultura 2021. BPS. Jakarta.

BPS Kota Payakumbuh. 2020. Produksi Tanaman Hortikultura 2020. BPS. Payakumbuh.

Direktorat Perbenihan Hortikultura.2013. Pedoman Teknis Pemurnian Varietas Hortikultura. Direktorat Perbenihan Hortikultura, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. Jakarta.

Fajri, R., T. Fauzi., Indra. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Cabai Merah di Kota Banda Aceh. Jurnal Agribisnis Mahasiswa Pertanian Unsyiah

Volume 2, Nomor 3, Agustus 2017.

Hendra, N. 2022. Harga Cabai Merah di Sumbar Capai Rp.75.000,- per kg. Diakses pada 6 Juni 2022 melalui https://sumatra.bisnis.com.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan

Cetakan. Rajawali. Jakarta.

Munandar, M., Romano., Usman, M. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Cabai Merah di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah Volume 2, Nomor 3, Agustus 2017.

Prayitno, B,A., Hasyim, I.A., Situmorang, S. 2013. Efisiensi Pemasaran Cabai Merah di Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. JIIA, Vol. 1, No.1.

Rahmanta & Maryunianta, Y. 2020. Pengaruh Harga Komoditi Pangan Terhadap Inflasi di Kota Medan. Agrica (Jurnal Agribisnis Sumatera Utara) Vol.13 No.1.

Reni Kustiari, R., Sejati, K.W., Yulmahera, R. 2018. Market Integration and Price Formation of Chili in Indonesia. Jurnal Agro Ekonomi, Vol. 36 No.1.

Rusmadi. 2017. Pengaruh Harga Cabai Terhadap Tingkat Inflasi Di Indonesia Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol.2, No.2.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet. Bandung.

Suryanawati & Geltrie, S. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Cabai Merah Besar Ditingkat Pedagang Pengencer Kabupaten Ogan Kemiring Ulu. JASEP Vol.6, No. 1.

Susilawati, S. 2017. Mengenal Tanaman Sayuran (Prospek dan Pengelompokkannya). UPT Penerbit dan Percetakan Universitas Sriwijaya. Palembang.

Wahyudie, T. 2020. Pengelolaan Komoditas Hortikultura Unggulan Berbasis Lingkungan. Forum Pemuda Aswaja. Lombok Nusa Tenggara Barat.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3434

Article Metrics

Sari view : 509 times
PDF - 328 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.