TINJAUAN PENDIDIKAN DAN KONSELING ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAT AN-NAHL AYAT 125
Sari
Kata Kunci: Pendidikan, Konseling, An-Nahl 125
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abu, A. K., & Hafidhuddin, D. (2020). Konsep Pendidikan Islam Berbasis Hikmah dalam Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(2), 147–170.
Agussalim, A. (2020). Peranan Keteladanan Guru PAI Dalam Pembinaanakhlak Mulia Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Al-Ma’arif Bilae Kec. Awangpone. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 35–52.
Ar-Rifa’i, M. N. (1999). Ringkasan Tafsir Ibnu katsir. Gema Insani.
Awwad, M. (2015). Urgensi layanan bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 46–64.
Basuki, B., Suryani, Y. E., & Setiadi, D. B. P. (2017). Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. LITERA, 16(1).
Bukhori, B. (2014). Dakwah Melalui Bimbingan dan Konseling Islam. Jurnal Konseling Religi, 5(1), 1–18.
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116.
Dianto, I. (2019). Analisis tematik subjek dakwah dalam Al-Quran. TADBIR: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 100–118.
Dwikoranto, D. (2011). Aplikasi Metode Diskusi Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif, Afektif Dan Sosial Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 1(2), 40–49.
Ernadewita, E., Rosdialena, R., & Deswita, Y. (2019). Sabar sebagai Terapi Kesehatan Mental. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2(1).
Faiz, A., Yandri, H., Kadafi, A., Mulyani, R. R., Nofrita, N., & Juliawati, D. (2019). Pendekatan Tazkiyatun An-Nafs untuk membantu mengurangi emosi negatif klien. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 65–78.
Fauzi, T., & Sari, S. P. (2018). Kemampuan Mengendalikan Emosi Pada Siswa Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Fikri, H. K. (2019). Jadal Dalam Pandangan Al-Qur’an Dan Pendidikan Konseling. El-’Umdah, 2(1), 56–74.
Fikri, M. (2017). Konsep Pendidikan Islam; Pendekatan Metode Pengajaran. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 116–128.
Fitri, E. N., & Marjohan, M. (2017). Manfaat Layanan Konseling Kelompok dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 19–24.
Fitriyani, I. (2020). Analisis materi akhlak mengenai adab guru dan adab murid dalam kitab Bidayatul Hidayah untuk membina karakter Siswa MI [PhD Thesis]. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hammad, F. R. M. (n.d.). Konsep Ilmu, Hikmah Dan Tarbiah.
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2).
Ilyas, S. M. (2017). Model Komunikasi Dakwah Dalam Konseling Realitas Berbasis Al-Hikmah: Analisis Terhadap Dialog Verbal dalam Menangani Prilaku Tren LGBT Pada Remaja di Aceh Tamiang. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 8(1).
Khalilah, E. (2017). Layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial dalam meningkatkan keterampilan hubungan sosial siswa. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 1(1), 41–57.
Luddin, A. B. M. (2010). Dasar dasar konseling. Perdana Publishing.
Luluk, I. (n.d.). Relevansi metode dakwah dalam surat An-Nahl ayat 125-128 dengan metode mengajar sekolah dasar islam. [PhD Thesis]. STAIN Ponorogo.
Maharani, A. P., Chusniatun, M. A., & Abidin, Z. (2014). Pelaksanaan Bimbingan Konseling Islami Di SDIT Ar-Risalah Kartasura [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Maiseptian, F., Rosdialena, R., & Dewita, E. (2021). Self Control Mahasiswa Perempuan Pengguna Smartphone Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling Islam. Kafaah: Journal of Gender Studies, 11(1), 105–118.
Mariana, D. (2016). Membentuk Karakter Cerdas Melalui Bimbingan Dan Konseling Perkembangan Untuk Menghadapi MEA. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 18–22.
Maulana, M. E., Nata, A., & Bahruddin, B. (2021). Analisis Implementasi Adab Berdialog Menurut Muhammad Sayyid Thanthawi Melalui Pembelajaran Siswa Aktif Di Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 121–148.
Mumpuni, A. (2018). Integrasi nilai karakter dalam buku pelajaran: Analisis konten buku teks kurikulum 2013. Deepublish.
Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 23–42.
Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 867–875.
Nasution, T. (2018). Membangun kemandirian siswa melalui pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Pati, M. di R. P. F. (n.d.). Model Komunikasi Dakwah Berbasis Bimbingan Konseling Islam (Analisis terhadap Dialog Interaktif Kajian Fiqh.
Pebriyanti, S. (2020). Implementasi Rational Emotive Behavior Therapy pada Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar Masa Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 63–70.
Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260–275.
Rakasiwi, R. N. (2018). Metode pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 125-127 [PhD Thesis]. IAIN Palangka Raya.
Riswanto, D., Mappiare-AT, A., & Irtadji, M. (2017). Kompetensi multikultural konselor pada kebudayaan suku dayak kalimantan tengah. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 1(2), 215–226.
Rizqina, A. L., & Suratman, B. (2020). Peran Pendidik Dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 18–29.
Rochman, K. L. (2009). Terapi Penyakit Hati Menurut ibn Taimiyah dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 195–221.
Rohmah, R. (2019). Urgensi Manajemen Bimbingan Konseling dalam Melahirkan Peserta Didik Berkarakter. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 102–115.
Rosdialena, R., Dewita, E., Maiseptian, F., Thaheransyah, T., & Herawati, A. A. (2021). Keterampilan Komunikasi Terapeutik Penyuluh Agama di Kota Padang. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(2), 209–224.
Setiawaty, R., Wahyudi, A. B., Santosa, J., Sabardila, A., & Kusmanto, H. (2018). Stiker Ungkapan Hikmah Sebagai Media Pemartabatan Karakter Anak Didik di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: Vol. vol: 7. Lentera Hati.
Syafaruddin, S. (2017). Bimbingan Dan konseling Perspektif Al-Qur’an dan Sain. Perdana Publishing.
Thabathaba‘i, M. H. (1987). Mengungkap Rahasia Alquran. Mizan.
Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).
Wahid, A. (2018). Dakwah dalam Pendekatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Tinjauan dalam Perspektif Internalisasi Islam dan Budaya). Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 1–19.
Yani, F., Hamizi, H., & Erlisnawati, E. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 117 Pekanbaru [PhD Thesis]. Riau University.
Yani, H. A. (2007). Be excellent menjadi pribadi terpuji. Gema Insani.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79–96.
Yunita, C. W. (2019). Pengaruh Peran Guru Bimbingan Konseling, Lingkungan Sekolah Dan Proses Pembelajaran Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Smk Nurul Islam [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Gresik.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i1.3407
Article Metrics
Sari view : 625 timesPDF - 385 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.