PENGORGANISASIAN KLAIM PELAYANAN PASIEN JKN DI RSUP DR M DJAMIL PADANG

Devid Leonard

Sari


Pada pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Rumah sakit adalah PPK rujukan
yang bekerjasama dengan Badan Pelaksana Jaminan Kesehatan (BPJS) untuk memberikan
pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Rumah sakit akan mengajukan klaim biaya
pelayanan kesehatan kepada BPJS kesehatan dengan sistem casemix Indonesia Case Base
Group (INA-CBG’s). Keterlambatan pengajuan klaim menyebabkan tertangguhnya klaim
pelayanan pasien yang mengakibatkan terlambatnya pembayaran jasa profesi, yang mana
faktor penyebab belum diketahui. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan hasil analisis
pelaksanaan klaim pelayanan pasien JKN dengan menganalisis faktor input, proses dan
lingkungan untuk mengetahui penyebab output yang dihasilkan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus
dengan paradigma konstruktivisme. Penentuan informan dengan purposive sampling yaitu
sumber daya manasia yang terlibat dan mengetahui tentang pelaksanaan klaim pelayanan
pasien di rumah sakit yang berjumlah 12 orang. Objek dalam penelitian ini adalah dokumen
yang terkait dengan pelaksanaan klaim pelayanan pasien. Pengumpulan data primer dilakukan
dengan wawancara mendalam dan data sekunder diperoleh dengan studi dokumen. Analisis
data menggunakan pendekatan logic model framework.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat permasalahan pada input, proses dan
lingkungan dalam pelaksanaan klaim pelayanan pasien JKN di RSUP Dr M Djamil Padang.
Faktor input diketahui bahwa dalam pelaksanaan klaim diagnosis diisi oleh PPDS yang
memiliki pemahaman dan pengetahuan yang masih kurang tentang pengisian ICD 10 dan ICD
9 CM sesuai kaidah, masih kurangnya keterampilan SDM coding grouping karena masih
kurangnya pelatihan serta masih ada penempatan SDM yang belum sesuai kompetensi. Belum
bridging/terhubungnya antara aplikasi INA CBGs, SIM RS dan BPJS dengan IT yang belum
mendukung. Berdasarkan proses dari fungsi manajemen sebagian besar masalah terjadi pada
tahap pelaksanaan. Faktor lingkungan belum adanya kebijakan internal berupa sanksi dan
regulasi tegas dalam melengkapi berkas rekam medis, adanya kebijakan IT mandiri yang
belum mendukung.
Upaya perbaikan dapat dilakukan dengan penguatan input dengan meningkatkan kualitas
dan kuantitas SDM yakni pengetahuan, keterampilan melalui pelatihan, sosialisasi serta
penempatan sesuai kompetensi dan penguatan kebijakan internal rumah sakit. Pelayanan satu
pintu dalam pengelolaan data klaim melalui bridging sistem/ integrasi sistem yang saling
terhubung antara aplikasi INA CBGs, SIM RS dan sistem BPJS dengan IT yang mendukung.
Penguatan fungsi-fungsi manajemen dengan meningkatkan pengawasan dan evaluasi dalam
pengisian rekam medis dengan baik dan benar. Dengan diketahuinya penyebab dari
permasalahan pelaksanaan klaim dapat memberi daya ungkit dalam perbaikan pelaksanaan
klaim pelayanan pasien JKN.
Kata Kunci : Klaim, INA CBGs, Logic Model Framewor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Indonesia. Undang-Undang Dasar 1945.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman

Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Indonesia. Peraturan Pemerintah RI Nomor 101 Tahun 2012 Tentang Penerima Bantuan

Iuran.

Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Pelayanan

Kesehatan Era JKN.

Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 269 tahun 2008 Tentang

Penyelenggaraan Rekam Medis.

Departemen Kesehatan RI. Pedoman Prosedur Penyelenggaraan Rekam Medis di Rumah

Sakit, Direktorat Jendral Bina Pelayanan Medik. Jakarta; 2006.

Ilyas. Mengenal Asuransi Kesehatan. Review Utilisasi Manajemen Klaim dan Fraud.

Jakarta: FKM UI; 2003.

Kementrian Kesehatan RI. Buletin BUK. INA CBGs untuk Pelayanan Rumah Sakit yang

lebih baik. Edisi Mei. Jakarta; 2013.

PORMIKI. Program Pelatihan Manajemen dan Informasi Kesehatan. Jakarta: Pusdiklat

Nakes; 2004

Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 377 Tahun 2007 Tentang Kompetensi

Rekam Medis.

Tuti. Evaluasi Klaim Jamkesmas di RSUD Dr Zainal Abidin Banda Aceh [Tesis].

Yogyakarta: UGM; 2010.

Mahmud Kusairi. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan berkas Klaim pasien

Jamkesmas di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan [Tesis]. Yogyakarta: UGM;

Henni Djuhaeni. Pemahaman Anatomi Rumah Sakit Melalui Pendekatan Sistem. Dalam

Perencanaan Fisik dan Arsitektur Rumah Sakit. Bandung: S2 IKM UNPAD; 2012.

Longest J. Beaufort B. Managing Programs And Projects. San Fransisco: Jossey-Bass;

Kementrian Kesehatan RI. Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional dalam

Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta; 2013.

Indonesia. Peraturan Presiden RI Nomor 111 Tahun 2013 Tentang Perubahan Peraturan

Presiden RI Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan.

Hasbullah Thabrany. Sakit, Pemiskinan, MDGs. Jakarta: Buku Kompas; 2009.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian.

Bhisma Murti. Dasar-dasar Asuransi Kesehatan. Cetakan Kelima. Yogyakarta: Kanisius;

Azrul Azwar. Pengantar Administrasi Kesehatan. Edisi ketiga. Jakarta: Bina Rupa

Aksara; 2010.

Gemalla R Hatta. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan

Kesehatan. Jakarta: UI-Press; 2008.

Mursaleena Islam. Healht System Assessment Aproach, A How to Manual. USAID,

editor February; 2007

MENARA Ilmu Vol. X Jilid 1 No.72 November 2016

ISSN 1693-2617 LPPM UMSB

E-ISSN 2528-7613

Indonesia. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial

Nasional.

Henni Djuhaeni, Sharon Gondodiputro. Bahan Ajar Ilmu Ekonomi Kesehatan Suatu

Pengantar, Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Bandung:

S2 IKM UNPAD; 2012.

Ambri Amir. Selancar Rekam Medis. Medan; 2011.

Panduan Praktis Administrasi Klaim Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan.: BPJS

Kesehatan. Jakarta; 2013

Ramsita Ramli. Modul Kuliah Manajemn Klaim. Program Diploma III AAK Fakultas

Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia; 1999.

A.A Gde Muninjaya. Manajemen Kesehatan. Jakarta: EGC; 2004.

Davis GB. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT. Pustaka Binatama

Pressindo; 2002.

Rosleni Saitepu. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Rumah Sakit RSUP Haji Adam

Malik Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara; 2009.

Terry GR. Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara; 2006.

Soekijo Notoatmodjo. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta; 2007

Siagian S. Fungsi-fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara; 2002

Siagian S. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara; 2010.

T. Hani Handoko. Manajemen.2 ed.Yogyakarta : BPFE Yogyakarta; 2011

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta; 2012.

Alwasilah C. Pokoknya Kualitatif. Dasar- dasar Merancang dan Melakukan Penelitian

Kualitatif. Bandung: Pustaka Jaya; 2012

Indonesia. Depkes. Pedoman Nasionala Etik Penelitian Kesehatan. Jakarta: Komisi Etik

Penelitian Kesehata; 2007

RSUP Dr M Djamil Padang. Profil RSUP Dr M Djamil Padang. Padang; 2012

Boy Sabarguna, Sumarni. Sumber Daya Manusia Rumah Sakit. 1 editor. Yogyakarta:

Konsorsium Rumah Sakit Islam Jateng-DIY; 2003

Diwan P. Human Resources Management. BHD: Golden Books Centre SDN; 2001

Siti Maria Ulfa. Hubungan Kelengkapan Dokumen Rekam Medis dengan Persetujuan

Klaim Jamkesmas oleh Verifikator dengan Sistem INA CBGs di RSI Sultan Agung

Semarang. [Tesis]. Semarang; 2011

Dyah Nurhidayah, Dyah Ernawati. Acuracy Analisis of Primary Diagnosis Code Base on

Patients BPJS Cause Unverivfied in Permata Hospital Medika Semarang. [Tesis].

Semarang; 2014

Nuryati. Evaluasi Ketepatan Kode Diagnosis dan Tindakan di Rumah Sakit Panti Rapih

Yogyakarta Pada Penerapan JKN. Yogyakarta: Rekam Medis Sekolah Vokasi UGM;

Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Juknis INA

CBGs.

Siagian S. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara; 2009

Ambar Teguh S. Memahami Good Gorvernance dalam Perspektif Sumber Daya

Manusia. Yogyakarta: Gava Media; 2011.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v10i72.34

Article Metrics

Sari view : 865 times
PDF - 1750 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.