GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA PONDOK PESANTREN KAUMAN PADANG PANJANG DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DAN MUTU PESANTREN

Fitra Murni AR, Suswati Hendriyani

Sari


GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA PONDOK PESANTREN KAUMAN PADANG PANJANG DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DAN MUTU PESANTREN

Fitra Murni AR
Guru SMAN 3 Padang Panjang
e-mail: fitramurniar@gmail.com



ABSTRAK: : Gaya kepemimpinan transformasional merupakan cara efektif pimpinan lembaga pendidikan untuk meningkatkan prestasi siswa dan mutu pendidikan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk gaya kepemimpinan transformasional kepala Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang dalam meningkatkan prestasi siswa dan mutu pesantren. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Sampel penelitian ini adalah kepala sekolah di Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang. Instrumen penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemimpin pondok pesantren yang transformasional terlihat dari beberapa karakteristik yaitu Idealized Influence, Inspirational Motivation, Intelektual Stimulation, dan Individualized Consideration. Prinsip-prinsip yang harus dimiliki oleh pimpinan pondok pesantren dalam menerapkan gaya kepemimpinan transformasional yaitu simplikasi, motivasi, fasilitasi, inovasi, mobilisasi, siaga dan tekad.


Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Pondok Pesantren, Prestasi Siswa, Mutu Pesantren

Abstract: Transformational leadership style is an effective way for educational institution leaders to improve student achievement and quality of education. Therefore, this study aims at the transformational leadership style of the head of Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang in improving student achievement and the quality of the pesantren. The methodology used in this research is a qualitative descriptive method in the form of a case study. The sample of this research is the principal at the Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang. The research instruments are interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that transformational boarding school leaders can be seen from several characteristics, namely Idealized Influence, Inspirational Motivation, Intellectual Stimulation, and Individualized Consideration The principles that must be possessed by Islamic boarding school leaders in implementing a transformational leadership style are simplification, motivation, facilitation, innovation, mobilization, alert and determination.

Keywords: Transformational Leadership Style, Islamic Boarding School, Student Achievement, Islamic Boarding School Quality

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Addin, F. N., Bintang Kejora, M. T., & Kosim, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Ghoyatul Jihad Kabupaten Karawang. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 153. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16673

Akmal, M. (2014). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Di Pondok Pesantren Terpadu Istiqamah Simawang. Jurnal Al-Fikrah, II(1).

Albert, A. (2018). Kontribusi Komunikasi Antarpribadi Dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru Pesantren Terpadu Serambi Mekkah Kota Padangpanjang. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 73. https://doi.org/10.31958/jaf.v6i1.1378

Amin, N., Siswanto, F., & Hakim, L. (2018). Membangun Budaya Mutu yang Unggul Dalam Organisasi lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 94–106. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.308

Anam, K. (2014). Mutu Pesantren Salafiyah dalam Konteks Penyelenggaraan Pendidikan Nasional. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.215-237

Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37–56. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.569

Arifin, R. A. (2021). Manajemen Konflik Antara Pihak Sekolah denganWali Murid di Media Sosial dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al-Fikrah, 2(1), 218–228. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/55141805/Jurnal-Manajemen-Pendidikan-volume-24-no.-5-with-cover-page-v2.pdf

Asrizallis, A. (2016). Kontribusi Etos Kerja Islami Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Swasta (Mtss) Se-Kota Padang Panjang. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 47. https://doi.org/10.31958/jaf.v3i1.389

Bashori, B. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kyai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 73–84. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.535

Berlian, Z. (2012). Penerapan Model Kepemimpinan Transformasional Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ta’dib, XVII(02), 195–209.

Chairunnisa, E., Najiyah, C., Salsabila, H., & Cendekia Dikara, W. N. (2020). Kepemimpinan Bermutu: Konsep Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 26. https://doi.org/10.22219/progresiva.v9i1.12517

Chandra, P., Marhayati, N., & Wahyu. (2020). Pendidikan Karakter Religius Dan Toleransi Pada Santri Pondok Pesantren Al Hasanah Bengkulu. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02), 111–132.

Fauzan, A. F. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Natar Lampung Selatan. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 1. https://doi.org/10.31958/jaf.v6i1.1197

Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di Ma’Had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 39–58.

Khoiruddin, M. (2018). Pengaruh Program Tahfidzul Qur’an Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa; Studi Kasus Pada Mahasiswa PKD dan PKP Universitas Djuanda Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 131. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.249

Kurniawan, D., & Karim, A. (2020). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Terhadap Status Akreditasi Di Smk Negeri Se-Kota Jayapura. Jurnal IDAARAH, IV(1).

Kurniawati, I. (2016). Manajemen Pesantren Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Diniyyah Pasia Kabupaten Agam. Jurnal Al-Fikrah, 4(2).

Laminsar, L. (2016). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern Terpadu Tuanku Lintau Kabupaten Tanah Datar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 91. https://doi.org/10.31958/jaf.v2i1.374

Mulyadi. (2014). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pariangan. Jurnal Al-Fikrah, II(1).

Munandar, A. (2020). Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 73–97. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.132

Musdalifah, M., Siraj, A., & Marjuni, M. (2020). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Sma Negeri 1 Barru Kabupaten Barru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 143. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.15653

Nahdiyah KY, N., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan Transformasional di Lembaga Pendidikan Islam. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 3(2), 76–84. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v3i2.925

Nasrullah. (2016). Pelaksanaan Manajemen Poskestren Di Pondok Pesantren Darul Funun El-Abbasiyah Padang Japang. Al-Fikrah, IV(2), 238–247.

Nia, I. (2019). Strategi Knowledge Sharing Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Madrasah Diniyah Annafi’iyah Pondok Pesantren Nurul Jadid. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 23. https://doi.org/10.31958/jaf.v7i1.1405

Nurmiyanti, L., & Candra, B. Y. (2019). Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 13–24. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.646

Qomar, S. (2016). Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tarbiyah Islamiah (Mti). Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 59. https://doi.org/10.31958/jaf.v2i1.371

Rahmawati, R. (2020). Manajemen Pimpinan Pondok Pesantren Dalam Mengembangkan Kegiatan Ektrakurikuler Pada Pesantren Thawalib Gunung Padang Panjang. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 65. https://doi.org/10.31958/jaf.v8i1.2249

Rifma, Z. Z. &. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Negeri Padang Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 37–52. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110549

Rusdi, R. (2018). Continues Improvement Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pedesaan. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 150–160. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i2.396

Ruswanto. (2017). Pesantren dan Pembaharuan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 105–116. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1496/0

Santoso, W. H. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Membangun Karakter Siswa Di Mi Ma’arif Bego Depok Sleman. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31538/ndh.v3i2.76

Suhermanto, S., & Anshari, A. (2018). Implementasi Tqm Terhadap Mutu Institusi Dalam Lembaga Pendidikan. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 107–113. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.259

Sulaiman, D. (2016). Manajemen pendidikan pesantren modern dalam pembentukan karakter anak. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 133.

Sunarto. (2015). Peran Pondok Pesantren Dalam Pengembangan Kultur Islam Nusantara. Jurnal Pendidikan Islam, 6(November), 185–197.

Suryana, E. (2012). Korelasi Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Kifayatul Akhyar Bandung. Jurnal Ta’dib, XVII(02), 171–182.

Syafe’i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097

Waidi, Saefudin, D., & Mujahidin, E. (2019). Pengaruh Motivasi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa: Studi Kasus di MTs Al-Azhar Tuwel. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(02), 207–218. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/496

Yasyakur, M. (2015). Dampak Perceraian Orang Tua terhadap Prestasi Anak (Studi Kasus di Kecamatan Nanggung, Bogor). Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 995–1011.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i1.3372

Article Metrics

Sari view : 476 times
PDF - 256 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.