KUNJUNGAN WISATAWAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT TEMPATAN PADA DESTINASI WISATA DI KABUPATEN PESISIR SELATAN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik wisatawan yang berkunjung, persepsi wisatawan tentang sapta pesona destinasi pariwisata dan dampak kunjungan wisatawan terhadap perekonomian masyarakat tempatan pada destinasi wisata Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Survey terhadap wisatawan yang berkunjung dan beberapa pelaku usaha yang ada pada lokasi wisata yang telah ditetapkan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Unit analisis penelitian adalah wisatawan yang diambil sebagai sampel secara Accidental dengan menggunakan rumus Slovin, sedangkan masyarakat atau pelaku usaha ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis dengan skala likert (Likert Scale). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik wisatawan yang berkunjung sangat beraneka ragam mulai dari daerah asal, pola kunjungan, frekuensi kunjungan, waktu berkunjung, hal yang ingin dilihat atau dialami, dan lama tinggal wisatawan. Persepsi wisatawan tentang sapta pesona secara keseluruhan berada pada kategori baik dan kunjungan wisatawan sangat berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat tempatan pada destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Selatan.
Kata Kunci : Persepsi, Destinasi Pariwisata, Sapta Pesona, masyarakat tempatan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A. J, Muljadi. 2009. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
___________. 2012. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
A. Hari Karyono. 1997. Kepariwisataan. Jakarta: Grasindo.
Belinda, Nova. 2013. Analisis Dampak Berganda (Multiplier Effect) Pemanfaatan Wisata Alam Tanjung Mutiara di Danau Singkarak Kabupaten Tanah Datar. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Burkart, A.J dan Medlik, S. 1987. Tourism, Past, Present, and Future. London.
Bapedalitbang Kabupaten Pesisir Selatan. Revisi Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pesisir Selatan 2016-2021.
Chalik, E.A. 1991. Panduan Sadar Wisata I. Jakarta: Bina Wisata Nusantara Departemen Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Direktorat Jenderal Pariwisata.
Daryanto, S.S. 1997. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo.
Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan. 2016. Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan 2016 – 2021.
Fadila dan Lestari. 2013. Pengaruh Persepsi Konsumen pada Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Kecendrungan Perpindahan Merek (Brand Switching) dalam Produk Smartphone.
Friedman dan Alonso. 2008. Regional Development Planning: A READER. New Zealand Geografer. Vol. 23 hlm.179.
Hadioto, K. 1996. Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta: Universitas Indonesia.
Hadiwijoyo, Surya Sakti. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hakim, Lukman. 2014. Penerapan Sapta Pesona pada Desa Wisata (Analis Persepsi Wisatawan atas Layanan Penyedia Jasa dai Kampung Wisata Kungkuk, Desa Punten, Kota Batu). Malang: Universitas Brawijaya.
Isdarmanto. 2016. Tourism Introduction for Hospitality. Yogyakarta: Penerbit Gerbang Media Aksara dan STiPrAm.
Kabupaten Pesisir Selatan. Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Pesisir Selatan 2015-2025.
Kabupaten Pesisir Selatan. Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2011-2030.
Kodyat, H. 1983. Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.
Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabetha.
Newman, Lawrence W. 2015. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT. Indeks.
Pitana, I. G dan Putu G. Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
Primadany, Sefira R, Mardiyono, dan Riyanto. 2013. Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Daerah: Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah Kabupaten Nganjuk. Malang: Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 4, Hal. 135-143.
Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Jakarta: Sekretariat Negara.
Pemerintah Indonesia. 2010. Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2010 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha di Bidang Pariwisata.
Pemerintah Indonesia. 1989. Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Nomor KM.5/UM.209/MPPT-89 tentang Pedoman Penyelenggaraan Sapta Pesona.
Rahmatullah. 2014. Persepsi Mahasiswa terhadap Pengguna Produk Helm Merk GM. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.
Robbins, S.P. 2003. Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi Aplikasi. Jakarta: PT. Prenlindo.
Sihite, Richard. 2000. Tourism Industry (Kepariwisataan). Surabaya: Penerbit SIC.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Smith dan Stephen L.S. 1998. Tourism Analysis: A Handbook, Harlow. England: Longman Group.
Soekadijo, R. G. 2000. Analogi Pariwisata Memahami Pariwisata Sebagai Systemic Linkage. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sudarta, I Nyoman dan Suardana I Wayan. 2016. Dampak Pariwisata terhadap Kemiskinan di Kawasan Pariwisata di Bali. Bali: Universitas Udayana.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatof dan R&D. bandung: Alfabeta.
Suwantoro, Gamal. 1997. Dasar – Dasar Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Syaukani, HR. 2003. Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Twentinoi, Irenes. 2013. Persepsi Pelanggan terhadap Pengguna Speedy Jaringan Broad Band Readr. Palembang: Polsri.
Utama, I Gusti Bagus Rai. 2014. Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish.
Sari, Yeti Ratna. 2018. Persepsi Wisatawan terhadap Objek Wisata Pusta Latihan Gajah Taman Nasional Way Kambas Kabupaten Lampung Timur. Lampung: Universitas Lampung.
Yoeti, O. A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.
_________. 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
_________. 2008. Ekonomi Pariwisata. Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Jakarta: Kompas.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3296
Article Metrics
Sari view : 327 timesPDF - 217 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.