Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus : Konsumen Go-Jek Online Di Komplek Perumahan Singgalang Tabing Padang)
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk : 1. mengetahui pengaruh Harga terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada konsumen Go-jek Online dikomplek Perumahan Singgalang Tabing Padang) 2. mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada konsumen Go-jek Online dikomplek Perumahan Singgalang Tabing padang) 3. mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada konsumen Go-jek Online dikomplek Perumahan Singgalang Tabing Padang). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 45 orang di Komplek Perumahan Singgalang Tabing. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling, menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Teknik analisis data uji validitas dan uji reliabilitas. Beberapa regresi uji asumsi klasik 1. Uji normalitas 2. Uji multikolinearitas 3. Uji autokorelasi 4. Uji heteroskedastisitas.
Hasil penelitian Harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan nilai thitung > ttabel yaitu 3,993 > 2,016 dengan demikian hipotesis pertama (H1) diterima. Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan nilai thitung > ttabel yaitu 2,796 > 2,016 dengan demikian hipotesis kedua (H2) diterima. Nilai Fhitung diperoleh sebesar 13,444 dengan Ftabel 3,21 sehingga Fhitung > Ftabel dengan tingkat signifikan 0,000<a0,05. Sedangkan untuk R squarenya didapat yaitu sebesar 0,390 atau (39%). Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen harga(X1) dan kualitas pelayanan(X2) terhadap variabel dependen kepuasan pelanggan(Y) sebesar 39%, sedangkan sisanya sebesar 61% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.
Kata Kunci : Accidental Sampling, Pengaruh Positif, Variabel Indipenden
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daryanto, Setyobudi Ismanto, (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media. Yogyakarta
Gaspresz, Vincent. (2011). Ekonomi Manajerial (Managerial Ekonomik): Landasan Analisis dan Strategi Bisni Untuk Manajemen Bisnis dan Untuk Strategi Bisnis Untuk Manajemen Perusahaan dan Industri. Edisi revisi, cetakan kedelapan, Jakarta : percetakan penebar Swadaya.
Hardiyati Ratih, (2010). Analisis Pengaruh Kualitas terhadap Kepuasan Konsumen.
Kotler, (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid II.: Erlangga. Jakarta
Kotler Philip dan Amstrong, (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Indeks. Jakarta
Ghozali, (2009). Ekonomitrik Teori, Konsep dan Aplikasi Dengan SPSS 17. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Ferdinand, (2006). “Metode Penelitian Manajemen”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Lupiyadi. 2001. “Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Prilaku)”. Pustaka Setia, November 2015. Bandung
Mulyono Bayu Hadiyanto, (2008). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus Pada Perumahan Puri Mediterinia Semarang
Mulins, Walker, Boyd. 2008. Marketting Management: A Strategik Decision Making Approach. New York: McGraw Hill
Sugiyono, (2012). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung
Tamuwijaya Melissa, (2013). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan PIPOP COPY
Umar, (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta
Wulansari Meilinda, (2015). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Pengalaman Pemasaran dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Konsumen KFC Cabang Gaplek Tangerang Selatan)”. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Widjoyo Iksan Ongko, (2013). Analisis Pengaruh Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Drive Thru Mc Donal’s Basuki Rahmat di Surabaya
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i1.3254
Article Metrics
Sari view : 204 timesPDF - 114 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.