IMPLICATIONS OF THE GRATITUDE CONCEPT IN THE QUR’AN ON LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A., M. Y., Ngampo, & Nuraisyah. (2020). Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Pemikiran Kritis & Pengalaman Praktis (Best Practice) Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19, 1(1), 1–14.
Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–148.
Fuadi, M. (2018). Konteks Syukur Sebagai Paradigma Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(2), 53–68. doi: 10.48094/raudhah.v3i2.30
Madjid, N. (2000). Masyarakat Religius: Membumikan Nilai-nilai Islam dalam Pendidikan Masyarakat. Jakarta: Paramadina.
Mahfud, C. (2014). THE POWER OF SYUKUR: Tafsir Kontekstual Konsep Syukur dalam al-Qur’an. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9(2), 178–400. doi: 10.21274/epis.2014.9.2.377-400
Mahmudah, K. N. L. (2020). Paradigma Pendidikan Islam dalam Perspektif Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 129 dan 151. Jurnal Tarbawi|, 5(2).
Muin, M. I. A. (2017). Syukur dalam Perspektif Al-Qur’an. Tafsere, 5, 1–17. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/tafsere/issue
Naziaha, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 109–120.
Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402. doi: 10.36841/pgsdunars.v8i2.840
Rachmadi, A. G., Safitri, N., & Aini, T. Q. (2019). Kebersyukuran : studi komparasi perspektif psikologi barat dan psikologi Islam. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 24(2), 115–128. doi: 10.20885/psikologi.vol24.iss2.art2
Rahman, T. (2014). “Indianization” of Indonesia in an Historical Sketch. International Journal of Nusantara Islam, 1(2), 56–64. doi: 10.15575/ijni.v1i2.26
Rusdi, A. (2017). Syukur Dalam Psikologi Islam Dan Konstruksi Alat Ukurnya. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 2(2), 95–117.
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. doi: 10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Sakilah. (2009). Belajar Dalam Perspektif Islam. Menara, 12(2), 2–4.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat COVID-19. Jurnal MAPPESONA, (1), 12.
Sarnoto, A. Z. (2019). Dinamika Pendidikan Islam (1st ed., Vol. 1). Jakarta: Jakarta; PTIQ Press. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/339815557_DINAMIKA_PENDIDIKAN_ISLAM
Sarnoto, A. Z. (2021a). Resistance of Education Design Based on Islamic Boarding School in the Midst of The Covid-19 Pandemic: Study of Crisis Management. ICONIS: International Conference on Islamic Studies, 151–162.
Sarnoto, A. Z. (2021b). Syukur dalam Al-Qur’an dan implikasinya pada pembelajaran dimasa pandemi covid-19. Seminar Nasional Kampus Meredeka, Kurikulum Merdeka Di Masa Pandemi. Jakarta: FKIP UIN Jakarta.
Sarnoto, A. Z., & Hayatina, L. (2021). Polarization of the Muslim Community Towards Government Policies in Overcoming the COVID- 19 Pandemic in Indonesia. Linguistics and Culture Review, 5(July), 642–652. doi: https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1449
Sarnoto, A. Z., Shunhaji, A., Rahmawati, S. T., Hidayat, R., Amiroh, & Hamid, A. (2021). The Urgency of Education Crisis Management Based on Islamic Boarding Schools during the COVID-19 Pandemic. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 1764–1774. Retrieved from https://lingcure.org/index.php/journal/article/view/2000/836
Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al Quran (IV). Jakarta: Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (2006). Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al Quran (Volume 15, Juz Amma) (V). Jakarta: Lentera Hati.
Shobihah, I. F. (2014). Kebersyukuran (Upaya Membangun Karakter Bangsa melalui Figur Ulama). Jurnal Dakwah, XV(2), 383–406.
Sja’roni. (2014). Studi Tafsir Tematik. Jurnal Study Islam Panca Wahana, 1(12), 1–13.
Warliani, R., & Fauziyyah, S. A. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 14(2), 372–377.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3225
Article Metrics
Sari view : 215 timesPDF - 110 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.