PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN ROOM ATTENDANT DI GRAND ROCKY HOTEL BUKITTINGGI
Sari
Room attendant memiliki peran penting dalam menentukan citra sebuah hotel, kinerja room attendant dilihat dari seberapa baik kebersihan kamar disebuah hotel. Secara berkala Human Resources Departemen dan Executive Housekeeper akan melakukan penilaian kinerja room attendant melalui checklist performance review, selain itu keluhan tamu mengenai kebersihan kamar menjadi indikator utama dalam melakukan perbaikan standar kebersihan hotel. Grand Rocky Hotel Bukittinggi memberikan pelatihan dalam rangka menjaga konsistensi pelayanan yang memuaskan kepada tamu hotel, dibuktikan dengan kontribusi sumber daya manusia yang ada pada hotel tersebut yang dapat mempengaruhi citra sebuah hotel sebagai sebuah perusahaan jasa yang mengutamakan pelayanan. Hotel sebagai sebuah perusahaan memberikan pelatihan secara rutin kepada karyawannya khususnya departemen housekeeping yang mana dalam satu tahun room attendant diberikan pelatihan mengenai standar kebersihan kamar hotel lebih dari 2x dalam 1 tahun, namun meski pelatihan sudah dilakukan tetapi performance review dari atasan terkait kinerja room attendant masih belum maksimal, begitupun dengan keluhan tamu terhadap kebersihakan kamar masih menghiasi kolom komentar di online travel agent, oleh karena itu penulis bermaksud melakukan penelitian mengenai seberapa besar pengaruh pelatihan terhadap kinerja room attendant di Grand Rocky Hotel Bukittinggi dengan 18 orang karyawan yang dilaksanakan pada tahun 2021, dengan menggunakan kuesioner sebagai salah satu teknik pengumpulan data dan menggunakan, uji instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sementara untuk teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik. Uji asumsi klasik bertujuan untuk mengetahui kondisi data yang diperlukan dalam penelitian. Model analisis penelitian ini mensyaratkan uji asumsi terhadap data yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolineritas dan uji heteroskedestisitas. Sementara untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi liner berganda, uji T (parsial), uji F (simultan) dan uji koefisien determinasi. Data yang diambil dari 18 responden selanjutnya diolah menggunakan program SPSS 25 For Windows. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa metode pelatihan merupakan indicator yang sangat mempengaruhi pelatihan room attendant terhadap kinerjanya.
Kata Kunci: Pelatihan, Room Attendant, Kinerja
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3148
Article Metrics
Sari view : 537 timesPDF - 427 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.