MAQASHID ENTREPRENUERSHIP DALAM FIQH MUAMALAH DAN EKONOMI

Abdiansyah Linge, Upi Sopiah Ahmad, Puguh Setiawan

Sari


Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Islam memandang entreprenuership merupakan bagian dari kegiatan ekonomi, dalam perseptif ekonomi bekerja adalah suatu upaya yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani. Tujuan entreprenuership (Maqashid Entreprenuership) berdasarkan nilai yang terdapat dalam Alquran dan Hadis dengan menggunakan pendekatan hukum (maqashid syariah) dan ekonomi, untuk tercapainya mashlahah dalam kegiatan ekonomi.

Entreprenuerships merupakan proses kreatifitas dan inovasi dalam melakukan kegiatan ekonomi, meliputi kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. Segala variabel kegiatan ekonomi menjadi kajian ekonom saat ini diharapkan berorientasi dan sesuai dengan maqasid syariah, bukan hanya pada aspek gain oriented, artinya kajian tentang efficiency, effectivity, productivity, utillities, didasari konsep cost-benefit yang sesuai dengan syariah agar tujuan ekonomi memberikan kemashlahatan dunia akhirat dapat tercapai. 

Key Words: Maqasid Syariah, Entreprenuership, mashlahah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiwarman A. Karim, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, (Jakarta: Kencana, 2006)

Amiur Nuruddin, Keadilan dalam Alquran, (Jakarta: Hijri Pustaka Umum, 2008),

Amiur Nuruddin, Bisnis Islam Dalam Perspektif Alquran dan As-Sunnah, International Conference of Islamic Development (7th ACID) Medan, Sumatera Utara, 12 Juni 2015.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Juz 1-30 Edisi Baru (Surabaya: Mekar Surabaya, 2004)

Dwi Suwiknyo, Ayat-ayat Ekonomi Islam,(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)

Euis Amalia, Keadilan Distributif dalam Ekonomi Islam,(Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009)

Ilfi Nur Diana, Hadis-hadis Ekonomi, (Malang: UIN Malang Press, 2008)

Muhammad Djakfar, Agama, Etika dan Ekonomi; Wacana Menuju Pengembangan Eknomi Rabbaniyah, (Malang; UIN Malang Press, 2007)

Muhammad Anas Zarqa, Islamic Distributive Scheme

Muhammad Fuad Abdul Baqi, Al-Mu’jam Al-Mufahrosy, (Bairut:Darul Ma’rifah, 1993)

Nasruh Haroen, Fiqh Mua’malah, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2000)

Oni Sahroni, Adiwarman A. Karim, Maqashid Bisnis dan Keuangan Islam, Sintesis Fikih dan Ekonomi, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2015)

Philip Kotler, Marketing Management, (New Jersey: Prantice Hall, 1994)

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UII, Ekonomi Islam, (Yogyakarta: 2009)

Sadono Sukirno, Mikro Ekonomi Teori Pengantar, (Jakarta: PT. Rajagrafindo, 2006)

Yusuf Qardhawi, Pesan Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam,(Jakarta: Robbani Press, 1997)

Yusuf Qardhawi, Daur al-Qiyam wa al-Akhlak fi al Iqtishadi Islami, (Kairo: Maktabah Wahbah, 1995)




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3142

Article Metrics

Sari view : 346 times
PDF - 262 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.