UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS XII TPM SMK NEGERI 2 TEMBILAHAN
Sari
SMK Negeri 2 Tembilahan, selama ini sangat rendah. Untuk itu perlu dilakukan upaya
meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
motivasi siswa dalam belajar sehingga terlihat adanya peningkatan aktivitas positif dan
penurunan aktivitas negative sekaligus adanya peningkatan terhadap hasil belajar mengefrais
kompleks siswa kelas XII TPM SMK Negeri 2 Tembilahan. Data yang diukur pada penelitian
ini adalah aktivitas dan hasil belajar mengefrais kompleks. Kedua data penelitian tersebut
dianalisis dengan teknik analisis persentase.Setelah dilakukan pembelajaran dengan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Kehadiran
siswa tepat waktu meningkat dari 87,5% menjadi 97,9%; memperhatikan penjelasan guru dari
62,5% menjadi 97,9%; mengajukan pertanyaan dari 8,3% menjadi 66,1%; kerja sama dalam
kelompok dari 50% menjadi 97,9%; menggunakan buku sumber atau modul dari 62,5%
menjadi 100%; mengerjakan tugas atau LKS dari 62,5% menjadi 100%; dan menjawab
pertanyaan dari 8,3% menjadi 68,2%. Dan penurunan aktivitas negatif, berbicara tanpa
memperhatikan pelajaran menurun dari 20,8% menjadi 4,3%; bercanda/meribut dari 16,7%
menjadi 4,2%; melamun/mempermainkan alat-alat tulis dari 12,5% menjadi 4,3%; dan minta
izin keluar dari 8,3% menjadi 2,1%. Selanjutnya juga terjadi peningkatan hasil belajar siswa.
Nilai tertinggi meningkat dari 80 menjadi 94; nilai rata-rata meningkat dari 71,12 menjadi
85,20; nilai terendah meningkat dari 57 menjadi 70. Begitu juga dengan persentase
ketuntasan klasikal, meningkat dari 62,5% menjadi 100%.
Kata kunci : Upaya, meningkatkan motivasi belajar, model kooperatif tipe STAD
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Sardiman A.M, 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : CV. Rajawali.
Ngalim Purwanto,1998, Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
S. Nasution, 1995, Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.
Tadjab, 1994. Ilmu Jiwa Pendidikan, Surabaya: Karya Abitama.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dewi. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Prestasi
Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika. Skripsi tidak diterbitkan.Bandung:
Universitas Pendidikan Indonesia.
Dimyati & Mujiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar mengajar. Jakarta. Bumi Aksara
Hamzah, B.Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Kamadi, Waras, dkk. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Malang:
LembagaPengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sujana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar .Bandung : PT Remaja
Rosda karya.
Susilo, H,dkk.2007. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan
Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang : Bayumedia
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i76.309
Article Metrics
Sari view : 156 timesPDF - 89 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.