PENERAPAN PERILAKU ISLAMI MAHASISWA KEPERAWATAN POLITEKNIK ‘AISYIYAH SUMATERA BARAT DALAM KEHIDUPAN PRIBADI DAN KELUARGA SESUAI PHIWM

Desi Asmaret, Nurhaida Nurhaida, Trisna Jayati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan, sikap dan tindakan mahasiswa Keperawatan Diploma Tiga Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat dalam menerapkan Perilaku Islami dalam kehidupan Pribadi dan Keluarga sesuai Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM). Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi yaitu jenis penelitian kualitatif. Data-data dikumpulkan dengan cara melakukan observasi dan partisipasi, pertanyaan tertulis dilakukan melalui google form, wawancara dan dokumentasi. Data itu kemudian diolah secara analitis deskriptif. Responden penelitian terdiri atas mahasiswa keperawatan berjumlah tujuh puluh enam orang. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pengetahuan, sikap, dan tindakan mahasiswa keperawatan bernilai sangat Sangat baik 36,8 %, Baik  57,9 %, Cukup 5,3 %, kurang 0 % sesuai dengan PHIWM. Artinya secara umum dalam implementasi PWIM rata-rata adalah baik, meskipun setelah dikonfirmasi masih ada yang tidak konsisten menjalankan sholat dan mengaji dalam keluarga dan di antaranya keluarga masih ada yang bersikap kasar. Hasil ini berimplikasi kepada pentingnya pihak kampus melakukan peningkatan dan pengembangan pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan/ Ke’Aisyiyahan (AIKA) dibidang PHIWM dengan memperhatikan lima indikator PHIWM dalam kehidupan pribadi dan enam indikator PHIWM dalam kehidupan keluarga mahasiswa.

 

Kata Kunci: Pribadi, Keluarga, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM). Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Fuad Fauzi_11108155.pdf, Keputusan Muktamar Muhammadiyah Ke-44, Tanggal 8 s/d 11 Juli Tahun 2000 Di Jakarta.

Herdiyanto dan Sriyanto, Kepribadian Guru Muhammadiyah (Telaah Buku PHIWM), al-Hamra, Jurnal Studi Islam, Volume 1, No. 2, Agustus, 2020: 148-159

https://kbbi.web.id/perilaku

Hajaroh, Mami. “Paradigma, Pendekatandan Metode Penelitian Fenomenologi.” Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2010, 1–21.

Herdiyanto, H., & Sriyanto, S. (2021). “(PHIWM ) Pada Kehidupan Keluarga dan Relevansinya.” Jurnal Studi Islam, 2008. http://jurnalnasional.ump.ac.id/ index.php/Alhamra/article/view/10135/3823.

Mufatihatut Taubah (2016) Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam, http://jurnalpai. uinsby. ac.id/ index. php/jurnalpai/article/view/41

Muhammadiyah, PP. (2000). Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiy ah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Rohmadi, Rohmadi (2007), Implementasi Pedoman Hidup Islami Muhammadiyah (PHIWM) pada Kehidupan Keluarga dan relevansinya terhadap pembentukan Keluarga Sakinah Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/id/ eprint/ 9669.

Sholikhah, A. (2020). Peran keluarga sebagai tempat pertama sosialisasi budi pekerti Jawa bagi anak dalam mengantisipasi degradasi nilai-nilai moral. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 15(1), 111-126.

Khusnul Khotimah, Septi and , Dr.Ari Anshori, M.Ag and , Dr.Mutohharun Jinan., M.Ag (2021) I. “Implementasi PHWIM,” n.d. http://eprints.ums.ac.id/91688/.

LW THITA · 2018. “Konsep Perilaku,” no. July (2012): 32.

Presiden Indonesia. “Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009.” Www.Legalitas.Org, 2009, 10.

Tyas Titi Kinapti. “Liputan 6.” Tujuan Organisasi Muhammadiyah, Terwujudnya Masyarakat Islam Yang Sebenar-Benarnya, 2019.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3039

Article Metrics

Sari view : 366 times
PDF - 269 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.