UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT) DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA NEW NORMAL DI SMA NEGERI 7 PEKANBARU

Nurhafni Nurhafni

Sari


Pandemi virus covid-19 telah mengubah tatanan pendidikan sehingga pembelajaran dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Untuk mempersiapkan hal ini berdasarkan Surat Edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP. Maka berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, diperlukan kegiatan untuk menambah kompetensi guru di SMA Negeri 7 Pekanbaru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), yang dapat menciptakan suasana dan kondisi pembelajaran yang bermakna. Dari hasil kegiatan yang dilaksanakan diperoleh peningkatan dari 47 orang guru bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam memahami konsep, prinsip, dan komponen rpp sehingga dapat menyusunnya dengan baik dan operasional. Dengan demikian bagi guru perlu terus memotivasi dan meningkatkan kompetensi diri sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna. Untuk kepala sekolah dan pengawas dapat memberikan pembinaan dan motivasi kepada guru agar dapat merancang pembelajaran yang efektif. Orang tua hendaknya memberikan bimbingan dan perhatian pada anak di rumah agar dapat melaksanakan pembelajaran di rumah.

 

Kata kunci: pembelajaran jarak jauh (PJJ), kompetensi guru


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.M., Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bratawidjaja, Thomas Wiyasa. 1988. Surat Bisnis Modern. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hartanto, Wiwin. 2015. “Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal. Jember: FKIP UNEJ.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Pedoman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru Selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Merdeka Belajar. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah Selama Darurat Bencana Covid-19 di Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.

Kitao, Kenji. S. Kathleen Kitao. 1998. “Selecting and Developing Teaching/Learning Materials”. The Internet TESL Journal. Vol. IV.

Letko M, Marzi A, Munster V 2020. “Functional Assesment of Cell Entry And Receptor Usage for SARS-CoV-2 and Other Lineage B Betacoronaviruses” Nature Microbiology: 1-8.

Marjo, Y.S. 2005. Surat-surat Lengkap: Complete Letters. Jakarta: Setia Kawan.

Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Nasucha, Arif Fajar. 2020. “Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru dan Murid, Belajar Online Gratis”. Tribun News. 23 Maret 2020.

Siahaan, Sudirman. 2003. “E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 042- Mei 2003. Jakarta: Depdiknas.

Safrizal dkk. 2020. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 bagi Pemerintah Daerah. Jakarta:




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2964

Article Metrics

Sari view : 144 times
PDF - 353 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.