OPTIMALISASI PELAYANAN LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK (LPSE) DALAM PENGADAAN BARANG DAN JASA UNTUK PEMBANGUNAN DI KOTA PARIAMAN

Tesha Dwi Putri, Fauzan Fauzan, Yondrizal Yondrizal

Sari


Kehadiran LPSE semestinya mampu membawa manfaat bagi para penggunanya karena proses pengadaan telah terstandardisasi, namun yang terjadi justru muncul permasalahan terkait transparansi dan efisiensi penggunaan e-procurement. Disamping itu, pemanfaatan e-procurement oleh masyarakat juga dirasa belum memaksimal karena ada “kecanggungan” ketika masyarakat berhadapan dengan mekanisme baru yang sarat teknologi. Padahal di tengah pandemi yang berlangsung, semestinya penggunaan layanan publik yang berbasis digital menjadi prioritas di masyarakat. Untuk memaksimalkan kinerja LPSE, maka perlu dirumuskan strategi atau optimalisasi e-procurement terkait pelayanan LPSE khususnya Kota Pariaman. Hal ini dirasa penting mengingat LPSE Kota Pariaman sempat meraih penghargaan National Procurement Award tahun 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, data primer yang didapatkan dari hasil wawancara mendalam dengan informan penelitian dan hasil observasi. Sedangkan data sekunder didapatkan dengan dokumentasi. Informan penelitian didapatkan dengan menggunakan teknik purposive. Fokus data penelitian ini yaitu memetakan aspek internal dan eksternal yang dapat digunakan untuk merumuskan strategi dalam pengoptimalan pelayanan LPSE. Teknik analisa dalam penelitian ini adalah analisa data kualitatif yang disajikan dengan keknik deskriptif analitik. Berdasarkan hasil temuan dilapangan, penulis menyimpulkan bahwa optimalisasi pengadaan barang dan jasa pada LPSE Kota Pariaman dapat dilakukan melalui; 1) Sumber Daya Manusia (SDM) dimana dibutuhkan analisis jabatan serta analisis beban kerja untuk memetakan kebutuhan SDM pengadaan di LPSE. SDM pengadaan harus memiliki kompetensi mulai dari lingkup pengetahuan, ketrampilan begitu juga dengan sikap kerja sesuai dengan standar yang ditetapkan, 2) proses pengadaan, dimana pengoptimalan fungsi LPSE dapat terintegrasi khususnya selama proses perencanaan pengadaan sampai dengan pelaksanaan kontrak. Proses pengadaan memiliki potensi resiko yang mungkin terjadi, 3) Sistim Informasi dalam hal ini adalah yang telah terhubung dengan sistem lainnya. Hal ini guna memudahkan layanan penggadaan agar lebih cepat dan gampang bagi pengguna, 4) Independen dan bebas Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN), fokus independensi disini adalah mengurangi proses-proses yang dilakukan secara konvensional sehingga akan terbebas dari praktik KKN.

Kata Kunci: Strategi, efektivitas, efisiensi, e-government, e-procurement


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro, Renaldi. 2014. Evaluasi Faktor Penghambat Proses Pengadaan barang dan jasa

Melalui e-Procurement (Studi Pada Sekretariat Jenderal KESDM). Yogyakarta.

Universitas Gadjah Mada.

Asrinaldi. 2015. Transformasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Menuju e-

Government dan Tantangannya dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, Jurnal

Universitas Negeri Yogyakarta.

Burhan, N. 1984. Perencanaan Strategis. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo

Chadwick, Bruce A. 1991. Metode Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP Semarang Press.

Semarang, hal. 235.

Farouk, Muhammad. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. PTIK Press, Jakarta.

Indrayana, Alifadri. 2014. Evaluasi Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dengan e-

procurement Di Kota Malang Ditinjau Dari Segi Transparansi dan Akuntabilitas.

Indonesia Governance Index (IGI), Laporan Eksekutif Indonesia Governance Index 2014

(34 Kabupaten/Kota di Indonesia).

Kemitraan dan LPSE Nasional. 2008. E-Procurement di Indonesia: Pengembangan

Layanan Pengadaan dan Jasa Pemerintah Secara Elektronik. Jakarta, hal. 46.

Osborne, David dan Peter Plastrik. 2000. Memangkas Birokrasi. PPM, Cetakan pertama.

Jakarta, hal. 45-49.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Yunita, Novi Prisma. 2018. Kondisi Terkini Perkembangan Pelaksanaan e-Government Di

Indonesia: Analisis Website, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi

(SENTIKA), Yogyakarta 23-24 Maret 2018.

Yin, R.K. 2013. Studi Kasus, Desain dan Metode Cetakan ke-12, Penerjemah Mudzakir. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Pustaka berupa majalah/jurnal ilmiah:

Djuyandi, Yusa. 2013. Implementasi Kebijakan Layanan Secara Elektronik Pengadaan

Kendaraan Dinas Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Jurnal HUMANIORA Vol. 4 No. 2,

Oktober.

Haryati, Dwi. 2016. Pelaksanaan Pengadaan barang dan jasa Secara Elektronik (e-

procurement) Pada Pemerintah Kota Yogyakarta. Jurnal Mimbar Hukum Vol. 23 No. 2.

Harjito, Yunus. 2015. E-procurement: Peluang dan Tantangan Bagi Pemerintah Daerah.

Jurnal Iqtishadia Vol. 8 No. 1.

Juliarso, Ahmad. 2019. Analisis Implementasi E-Government dalam Meningkatkan

Kinerja Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmu

Administrasi Vol. 10 No. 1.

Mulyono, Purnomo Edy. 2017. Analisis Pelaksanaan Pengadaan barang dan jasa Secara

Elektronik Pada Pemerintah Kabupaten Gresik, Airlangga Develompent Journal.

Nurlukman, Adie Dwiyanto. 2017. E-Procurement: Inovasi Penyelenggaraan Pemerintahan

dalam Pengadaan Barang dan Jasa Berbasis e-Government di Indonesia, Journal of

Government and Civil Society Vol. 1 No. 1.

Nayabarani, Sabrinah Dyah. 2017. Membangun Transparansi Pengadaan Barang dan Jasa

Melalui Peningkatan Peran ICT Dalam Mereduksi Korupsi, Jurnal Hukum &

Pembangunan Vol. 47 No. 4.

Putri, Tesha Dwi. 2019. Transparansi dalam Pelaksanaan e-procurement Pada Lembaga

Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Padang. Jurnal Menara Ilmu Vol. 13 No. 11,

Oktober.Septiawan, Budi. 2018. Keberhasilan Implementasi Sistem e-Procurement Pada

Pemerintah Daerah Se-Provinsi Jawa Barat, Jurnal Kajian Akuntasi Vol. 2 No. 1.

Rahayu, Triana Puji. 2016. Implementasi Kebijakan e-Procurement untuk Mewujudkan

Efisiensi dan Transparansi, Jurnal Administrasi Publik Vol. 1 No. 2.

Swadesi, Utari. 2017. Efektifitas Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik e-

Procurement pada LPSE Kota Pekanbaru, Jurnal Jom FISIP Vol. 4 No.2.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2952

Article Metrics

Sari view : 846 times
PDF - 419 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.