PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM MENULIS CERITA MELALUI PEMBINAAN BERKELANJUTAN DIGUGUS I CAHAYA TARAM KECAMATAN HARAU
Sari
Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan dengan latarbelakang tidak semua guru dalam perencanaan pembelajarannya melaksanakan metoda bercerita. Guru jarang sekali melaksanakan metode bercerita dengan berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah tidak ada cerita yang akan diceritakan, guru tidak mampu untuk membuat cerita sederhana yang bisa diceritakan langsung pada peserta didik, dan guru jarang sekali mendapat bimbingan,pelatihan menulis cerita. Sehingga menyebabkan guru belum memahami cara menulis cerita.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang sabjek penelitiannya adalah guru taman kanak-kanak di gugus I Cahaya TaramKecamatan Harau pada tahun 2018 yang berjumlah 16 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dengan tabel serta penelitian ini dilakukan dua siklus.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatan kemampuan profesional guru taman kanak-kanak dalam menulis cerita melalui pembinaan berkelanjutan di gugus 1 Cahaya Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.
Berdasarkan hasil penelitian ini kemampuan profesional guru taman kanak-kanak dalam menulis cerita melalui pembinaan berkelanjutan digugus I Cahaya Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota, mengalami peningkatan dengan jumlah persentase dengan dua siklus mengalami peningkatan sebesar 93,75% dengan angka kenaikan antara siklus I yang persentasenya 37,50% menjadi 93,75% pada siklus II, berarti naik sebesar 56,25%. Hasil tersebut merupakan peningkatan kemampuan guru TK yang cukup tinggi. Bimbingan dalam menulis cerita tetap dilaksanakan pada gugus lain, juga pada pengembangan kemampuan guru yang lainnya sehingga guru semakin kompeten dalam mendidik anak usia dini.
Kata Kunci : Pengembangan Kemampuan Guru
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta : Rineka Cipta
Oemar Hamalik. 2010. Model-model Pembinaan Ketenagaan. Bandung : YP. Pemindo
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.1995.Kamus besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Balai Pustaka
Sagala, Syaiful. 2009 Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Kusnandar.2007. Guru Profesional Impelementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Krietner Robert. 2005. Kemampuan Prilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Nanang Priatna. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya
Soetjipto dan Kosasi. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta: PT Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2949
Article Metrics
Sari view : 101 timesPDF - 52 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.