NILAI SOSIAL DALAM CERPEN KORAN SINGGALANG EDISI JANUARI-FEBRUARI TAHUN 2015 KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

Megasari Martin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan nilai-nilai sosial
dalam cerpen koran Singgalangpada edisi Januari-Februari tahun 2015. Data penelitian ini
adalah kalimat-kalimat, yang berhubungan dengan nilai sosial yang terdapat dalam cerpen
terbitan koran Singgalang edisi Januari-Februari tahun 2015. Sumber data dalam penelitian ini
adalah cerpen koran Singgalang edisi Januari-Februari tahun 2015.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek
penelitiannya adalah cerpen koran Singgalang dari edisi Januari-Februari tahun 2015.
Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri ditambah dokumen berupa cerpen terbitan
koran Singgalang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) membaca dan
memahami cerpen media masa Singgalang yang sudah disediakan, dengan tujuan untuk
memperoleh pemahaman yang jelas tentang cerpen yang disediakan, (2) mencatat dan
menandai objek penelitian yang ditemukan, dan (3) menginventarisasikan data yang
berhubungan dengan nilai sosial. Teknik analisis datanya adalah 1) mengidentifikasi data
sesuai dengan konsep nilai sosial dan tokoh cerpen: (2) mengklasifikasikan data sesuai dengan
teori yang digunakan, teori yang digunakan adalah teori menurut Kluckhon (dalam Budiarti,
2009:32-33) (3) menganalisis dan mengintrepetasikan data; (4) menyimpulkan hasil penelitian
dan (5) menulis laporan. Dan teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik uraian rinci.
Berdasarkan temuan data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan beberapa hal
sebagai berikut: pertama terdapat 12 cerpen koran Singgalang yang menjadi sumber data
penelitian, kedua dari 12 cerpen terdapat enam cerpen yang memiliki nilai sosial yang
dikemukakan oleh Kluckhon, yaitu nilai hakikat hidup manusia, nilai hakikat karya manusia,
nilai hakikat manusia dalam ruang dan waktu, nilai hubungan manusia dengan alam sekitar,
dan nilai hakikat manusia dengan sesamanya. Enam cerpen lainnya tidak memiliki salah satu
dari kelima nilai sosial tersebut. Ketiga dari lima nilai sosial yang ada hanya nilai hakikat
manusia dalam ruang dan waktu yang dimiliki oleh ke 12 cerpen. Nilai hakikat manusia dalam
ruang dan waktu adalah nilai yang mengajarkan cara memanfaatkan waktu yang ada dengan
baik.
Kata Kunci: nilai sosial, sosiologi sastra, cerpen Koran Singgalang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atmazaki. 2007. Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang: UNP Press

Budiarti, Atik Catur. 2009. Sosiologi Kontekstual. Jakarta: Diknas.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University

Press.

Semi, Atar. 2010. Anatomi Sastra. Padang: Sridharma.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thahar, Harris Efendi. 2001. Kreatif Menulis di Media Massa. Padang: UNP Press




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v10i72.29

Article Metrics

Sari view : 309 times
PDF - 548 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.