PENTINGNYA KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Kurnia Wahyu Prima, Muhammad Giatman, Ernawati Ernawati

Sari


Sistem pendidikan yang ideal adalah sistem pendidikan yang dapat mewujudkan peradaban manusia yang lebih baik. Era Revolusi Industri 4.0 saat ini menuntut para pemimpin untuk cepat beradaptasi dengan segala perubahan teknologi. Seorang pemimpin yang benar-benar visioner perlu memiliki tujuan atau visi yang jelas untuk diwujudkan oleh organisasi atau dirinya sendiri. Pemimpin bertanggung jawab atas pengelolaan lembaga yang efektif, karena masa depan ideal lembaga pendidikan tergantung pada keberadaan pemimpin. Di era Revolusi Industri 4.0 ini, pemimpin visioner sangat efektif ketika institusi perlu bergerak cepat dan bersaing dengan institusi pendidikan lainnya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian literature review dengan mencari referensi dari berbagai bahan referensi terkait. Metode kepustakaan adalah metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengkaji data historis dalam metode penelitian sosial. Untuk memajukan pendidikan di era Revolusi Industri 4.0, pemimpin visioner harus memiliki nilai-nilai kepemimpinan visioner, seperti memiliki visi dan misi yang jelas, serta mampu mengimplementasikan visi dan misi organisasi dengan baik. Di lembaga yang memajukan pendidikan, menyiapkan pemimpin yang berwawasan jauh untuk menjawab tantangan era revolusi industri 4.0, bersiap memberikan solusi atas permasalahan era revolusi industri 4.0, dan meningkatkan kualitas lembaga pendidikan pendidikan. Pemimpin harus bekerja keras, menggunakan potensi yang ada, memberdayakan guru dalam proses pembelajaran, meluangkan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, dan membangun hubungan yang kuat, adil, efektif, efisien, bertanggung jawab, dan tim melalui manajemen yang melibatkan seluruh komponen institusi.

 Kata Kunci:  Kepemimpinan, Visionary Leadership, Pendidikan, Revolusi Industri 4.0.


Referensi


Strauss, Anselm dan Yuliet Corbin. 2007. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.

Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun, T. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Institusi dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Institusi Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308-316.

Ma'sum, T. (2019). Persinggungan Kepemimpinan Transformational Dengan Kepemimpinan Visioner Dan Situasional. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 84-106.

Hartono, D., & Priyanti, W. 2014. Kepemimpinan Visioner: Mewujudkan institusi Bernuansa Islam Siap Bersaing di Era Globalisasi. Surabaya: Jagad „Alimussirry

Rasto. 2003. Kepemimpinan Visioner. Junal Manajemen dan Sistem Informasi, 2(3), 59-67

Hidayah, N. 2016. Kepemimpinan Visioner Institusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Molina, O.A.M. 2018. Visionary Leadership in the Administrative Staff of the Guapan Educational Unit. Journal of Technology and Science Education, 8(2), 115-125.

Soebagio Atmodiwir, (2009), Manajemen Pendidikan Indonesia Jakarta: ardadizya

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. April, 0–16. Diakses pada, 22




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2884

Article Metrics

Sari view : 521 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.