EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Ilta via

Sari


Lembar Kerja Siswa (LKS) yang selama ini digunakan disekolah belum menuntun siswa untuk
aktif membangun pemahamannya sendiri. Untuk itu perlu dikembangkan LKS berbasis
Realistics Mathematics Education (RME) yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk
membangun sendiri pengetahuannya serta dapat mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari
dalam pemecahan masalah. Tujuan yang hendak dicapai dari upaya pengembangan ini adalah
menghasilkan LKS yang efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model McKenny
yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary, prototyping, dan assessment. Efektivitas
dilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan dan bahasa. Data yang
diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis
pendekatan RME yang dikembangkan sudah efektif, dilihat dari prediksi efektivitas menurut
para ahli dan data empiris. Dalam hal ini, dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih
dari 70% mencapai KKM.
Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Realistics Mathematics Education (RME), Efektivitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauzan, Ahmad. 2008. Problematika Pembelajaran Matematika dan Alternatif

Penyelesaiannya. Pidato Pengukuhan Sebagai Guru Besar dalam Bidang Pendidikan

Matematika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas

Negeri Padang.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2006. Sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan

Menengah.

Dimyati dan Mudijono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djaafar, Tengku Zahara. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap hasil Belajar.

Jakarta: UNP

Tim Penulis Grasindo. 2010. Pintar Matematika Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Grasindo

Hadi, S. 2000. Teori Matematika Realistik. Nederland: University of Twente

Muliyardi. 2006. “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Komik di

Kelas 1 Sekolah Dasar”. Disertasi tidak untuk diterbitkan. Surabaya. Universitas

Negeri Surabaya

Plomp, T dan Nieveen, N. (eds). 2007. An Introduction to Educational Design Research

Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO)

Prahmana, Rully Charitas Indra. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Yogyakarta:

Matematika

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press

Purwanto, N. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Soedjadi, R. 2004. PMRI dan KBK dalam Era Otonomi Pendidikan. Buletin PMRI. Edisi III,

Jan 2004. Bandung: KPPMT ITB Bandung.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasional. Yogyakarta: Bumi Aksara

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. ko. Jakarta: Rajawali Pers

Wijaya, Ariyadi. 2011. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Treffer. 1991. Didactical Background of a Mathematics program for Primary Education.

Dalam Streefland, L. (Ed). Realistic Mathematics Education in Primary School.

Utrecht




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i76.283

Article Metrics

Sari view : 230 times
PDF - 144 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.