EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME)
Sari
aktif membangun pemahamannya sendiri. Untuk itu perlu dikembangkan LKS berbasis
Realistics Mathematics Education (RME) yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk
membangun sendiri pengetahuannya serta dapat mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari
dalam pemecahan masalah. Tujuan yang hendak dicapai dari upaya pengembangan ini adalah
menghasilkan LKS yang efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model McKenny
yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary, prototyping, dan assessment. Efektivitas
dilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan dan bahasa. Data yang
diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis
pendekatan RME yang dikembangkan sudah efektif, dilihat dari prediksi efektivitas menurut
para ahli dan data empiris. Dalam hal ini, dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih
dari 70% mencapai KKM.
Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Realistics Mathematics Education (RME), Efektivitas
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Fauzan, Ahmad. 2008. Problematika Pembelajaran Matematika dan Alternatif
Penyelesaiannya. Pidato Pengukuhan Sebagai Guru Besar dalam Bidang Pendidikan
Matematika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas
Negeri Padang.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2006. Sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan
Menengah.
Dimyati dan Mudijono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djaafar, Tengku Zahara. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap hasil Belajar.
Jakarta: UNP
Tim Penulis Grasindo. 2010. Pintar Matematika Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Grasindo
Hadi, S. 2000. Teori Matematika Realistik. Nederland: University of Twente
Muliyardi. 2006. “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Komik di
Kelas 1 Sekolah Dasar”. Disertasi tidak untuk diterbitkan. Surabaya. Universitas
Negeri Surabaya
Plomp, T dan Nieveen, N. (eds). 2007. An Introduction to Educational Design Research
Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO)
Prahmana, Rully Charitas Indra. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Yogyakarta:
Matematika
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press
Purwanto, N. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Soedjadi, R. 2004. PMRI dan KBK dalam Era Otonomi Pendidikan. Buletin PMRI. Edisi III,
Jan 2004. Bandung: KPPMT ITB Bandung.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya
Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasional. Yogyakarta: Bumi Aksara
Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. ko. Jakarta: Rajawali Pers
Wijaya, Ariyadi. 2011. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Treffer. 1991. Didactical Background of a Mathematics program for Primary Education.
Dalam Streefland, L. (Ed). Realistic Mathematics Education in Primary School.
Utrecht
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i76.283
Article Metrics
Sari view : 240 timesPDF - 148 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.