PENGARUH E-SERVICE QUALITY, MEDIA ADVERTISING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN NIAT MEMBELI KEMBALI PADA TRAVEL AGENT ONLINE “TRAVELOKA.COM”

Oza syafriani, Yulia Hendri Yeni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas e-service dan media advertising terhadap kepuasan pelanggan dan niat beli ulang pada traveloka.com di Indonesia. Survey lapangan dilakukan di online travel agent (Traveloka.com) sebagian besar online travel agent di Indonesia. Model yang diusulkan dievaluasi dengan menggunakan analisis model persamaan struktural dengan smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kognitif dan afektif secara umum saling berhubungan secara signifikan; asosiasi seperti itu bersama dengan kualitas layanan elektronik secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan, iklan media berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian ulang dan kontributor paling penting untuk membangun niat pembelian ulang. Selain itu, peran mediasi variabel penelitian diidentifikasi.

Kata kunci:  e-service quality, media advertising, customers satisfaction, and re-purchase intention, online travel agent


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abid, M. M. F., & Dinalestari. (2019). Pengaruh E-Security dan E-Service Quality Terhadap E-Repurchase Intention Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen E-Commerce Lazada di Fisip Undip Kata Kunci : E-Security , E-Service Quality , E-Satisfaction , E-Repurchase Intenti. Diponegoro Journal Of Social And Politic, 1–8.

Agustina, L., Fayardi, A. O., & Irwansyah, I. (2018). Online Review: Indikator Penilaian Kredibilitas Online dalam Platform E-commerce. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(2), 141. https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1320

Anggraini, N. P. N., Jodi, I. W. G. A. S., & Putra, D. P. (2020). The Influence of Experiential Marketing and E-Service Quality on E-Satisfaction and Repurchase Intention. Journal of International Conference Proceedings, 3(2), 50–58. https://doi.org/10.32535/jicp.v0i0.904

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hongdiyanto, C., Padmalia, M., Gosal, G. G., & Wahanadie, D. V. (2020). the Influence of E-Service Quality and E-Recovery Towards Repurchase Intention on Online Shop in Surabaya: the Mediating Role of Customer Loyalty [Pengaruh Kualitas E-Service Dan E-Recovery Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Toko Online Di Surabaya: Peran L. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 15(2), 209. https://doi.org/10.19166/derema.v15i2.2440

Jain, N. K., Gajjar, H., & Shah, B. J. (2020). Electronic logistics service quality and repurchase intention in e-tailing: Catalytic role of shopping satisfaction, payment options, gender and returning experience. Journal of Retailing and Consumer Services, September, 102360. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102360

Khafidatul Ilmiyah 1) *, I. K. 2). (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Manajemen, 6 (1)(May), 31–42.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.

Manopo, K. Y. W., & Widayanto. (2019). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI E-SATISFACTION (Studi Kasus pada Mahasiswa FISIP UNDIP yang Pernah Melakukan Pembelian di OLX.co.id). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–19.

Ngo, M. V., & Nguyen, H. H. (2016). The Relationship between Service Quality, Customer Satisfaction and Customer Loyalty: An Investigation in Vietnamese Retail Banking Sector. Journal of Competitiveness, 8(2), 103–116. https://doi.org/10.7441/joc.2016.02.08

Wilis, R. A., & Nurwulandari, A. (2020). The effect of E-Service Quality , E-Trust , Price and Brand Image Towards E-Satisfaction and Its Impact on E-Loyalty of Traveloka ’ s Customer. 4(3), 1061–1099.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2783

Article Metrics

Sari view : 527 times
PDF - 284 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.