PENGGUNAAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR APRESIASI MUSIK NUSANTARA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 SILAUT
Sari
Permasalahan yang dikaji yaitu: (1) apakah penggunaan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas belajar apresiasi musik nusantara pada siswa kelas VIII SMPN 3 Silaut (2) apakah penggunaan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar apresiasi musik nusantara pada siswa kelas VIII SMPN 3 Silaut.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengamatan aktivitas menunjukkan pada siklus 1 aspek perhatian 12 anak skor tinggi, interaksi 13 anak skor tinggi, penugasan 14 anak skor tinggi dan kerjasama 13 anak skor tinggi. Pada siklus 2.1 aspek perhatian 15 anak skor tinggi, interaksi 15 anak skor tinggi, penugasan 17 anak skor tinggi dan kerjasama 16 anak skor tinggi. Pada siklus 2.2 aspek perhatian 22 anak skor tinggi, interaksi 21 anak skor tinggi, penugasan 23 anak skor tinggi dan kerjasama 23 anak skor tinggi. Sedangkan, pada siklus 1 ketuntasan siswa sebesar 50%. Pada siklus 2 pertemuan 1 ketuntasan siswa meningkat sebesar 69%. Pada Siklus 2 pertemuan 2 ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 92%. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar apresiasi musik nusantara.
Kata Kunci: Pendekatan SAVI, Aktivitas, pembelajaran, hasil belajar, Apresiasi, dan Musik Nusantara
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press.
Bastomi, Suwaji. 1989.Wawasan Seni. Semarang: IKIP Semarang.
Darsono, Max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV IKIP Semarang Press.
Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
DePorter, Bobbi. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Hamalik, Oemar. 1985. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Kusumah Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Meier, Dave.2005.The Accelerated Learning Handbook. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Nugroho, Van Afian (2010). Skripsi Pemanfaatan Siaran Musik di Televisi Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Apresiasi Musik. Semarang: Univesritas Negeri Semarang.
Purnomo, Wahyu dkk. 2010. Terampil Bermusik. Surakarta: CV. Putra Nugraha.
Setiawati, Rahmida dkk. 2007. Seni Budaya 1.Bogor: Yudhistira.
Sudaryo, S. 1994. Strategi Belajar Mengajar 1. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sumiati, Asra 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2615
Article Metrics
Sari view : 126 timesPDF - 104 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.