ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAUSS JORDAN PADA MATA KULIAH ALJABAR LINIER ELEMENTER

Titi Sumarni

Sari


Kita sebagai dosen matematika di Program Studi Pendidikan Matematika, harus bisa melahirkan calon-calon guru yang berkualitas dalam bidang matematika, harus mampu membuat mereka menjadi guru yang betul-betul menguasai matematika, sehingga ketika mereka menjadi guru mereka bisa mencetak siswa-siswa yang terampil matematika.Tapi kenyataan di lapangan, sering timbul kesulitan-kesulitan dalam proses belajar mengajar apalagi pada materi tentang sistem persamaan linier dimana mahasiswa harus dapat menyelesaikan sistem persamaan linier dengan menggunakan metode gauss jordan dimana dalam menyelesaikan metode ini mahasiswa harus memiliki trik-trik dalam menyelesaikan metode ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan mahasiswa semeter III atau BP 2018 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tamansiswa Padang dalam menyelesaikan sistem persamaan linier dengan menggunakan metode gauss jordan mata kuliah aljabar linier elementer. Kesalahan yang dilihat dari penelitian ini adalah kesalahan pemahaman, kesalahan proses penyelesaian dan kesalahan penerikan kesimpulan dari soal sistem persaman linier dengan menggunakan metode Gauss Jordan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester III atau BP 2018 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tamansiswa yang terdaftar pada tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 6 orang. Hasil penelitian didapatkan bahwa persentase mahasiswa yang melakukan kesalahan pemahaman dalam soal sistem persamaan linier dengan metode Gauss Jordan adalah 7,06%, kesalahan mahasiswa dalam proses penyelesaian adalah 63,57%, dan kesalahan mahasiswa dalam penarikan kesimpulan adalah 29,41%.

Kata Kunci : Keselahan Mahasiswa, Metode Gauss Jordan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remidiansinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arti Sriati. (1994). Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SMA (Pengkajian Diagnosa). Jurnal Kependidikan Jogjakarta.

Howard Anton Chris Rorres. 2004. Aljabar Linier Elementer Versi Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Moleong Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Remaja




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2597

Article Metrics

Sari view : 791 times
PDF - 594 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.