PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VIRTUAL LEARNING MODEL PADA MATA KULIAH HAMA DAN PENYAKIT HUTAN DI FAKULTAS KEHUTANAN

Nurul Widya, Rantih Fadhlya Adri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahanajar dengan menggunakan aplikasi Flipbook maker berbasis web untuk menunjang proses dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Hama dan Penyakit Hutan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat, tuntutan akan efisiensi semakin meningkat, serta pengaruh modernisasi di dunia pendidikan. Metode penelitian dilakukan adalah dengan metode Research and Development (R&D). Penelitian ini diawali dengan menyiapkan bahan ajar yang sebelumnya digunakan, mencari bahan ajar lain dari berbagai referensi terbaru, mengolaborasikan bahan ajar yang lama dengan bahan ajar yang baru, merevieu bahan ajar yang telah disusun, dan menyempurnakan bahan ajar menjadi sebuah e-book. Adapun luaran pada penelitian ini adalah tersedianya e-book pada mata kuliah Hama dan Penyakit Hutan.

 

Kata kunci:Flipbook maker, Virtual Model Learning, Hama dan Penyakit Hutan, e-book, Teknologi Pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amandu, G. M., Mulira, J. K. and Fronda, D. C. (2013) “Using moodle e-learning platform to foster student self-directed learning : Experienceswith utilization ofthe softwarein undergraduatenursingcoursesinaMiddleEasternuniversity”,Procedia-SocialandBehavioral Sciences. Elsevier B.V., 93, pp. 677–683. doi:10.1016/j.sbspro.2013.09.260.

Ghofur, A., & Kustijono, R. (2015). Pengembangan e-book Berbasis Flash Flipbook pada Materi Kinematika Gerak Lurus Sebagai Sarana Belajar Siswa SMA Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 4(2), 176–180.

Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK N 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 83–88.

Putra, R. W. Y., & Ruli, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Al- Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–47.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63–73.

Susanti, F. (2015). Pengembangan e- Modul dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Tania, L., & Susilowibowo, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar e-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2595

Article Metrics

Sari view : 631 times
PDF - 540 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.