MANAJEMEN KAWASAN WISATA LEMBAH HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Deki Yusman, Nursyirwan Effendi, Ifdal Ifdal

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengelolaan kawasan wisata Lembah Harau dan bagaimana peranan pemangku kepentingan (stakeholder) dalam mengelolanya. Metoda yang dipakai untuk mendapatkan hasil penelitian ini dilakukan dengan metode dekriptif kualitatif, dengan mendeskripsikan kondisi yang ditemukan dilapangan serta membandingkannya dengan literatur yang ada. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa manajemen dalam pengelolaan kawasan wisata Lembah Harau saat ini belum optimal karena fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaannya belum terlaksana dengan baik. Dalam pengelolaan Kawasan wisata Lembah Harau peran swasta dalam saat ini sangat menonjol, hal ini dapat terlihat dari semakin banyaknya atraksi, wahana, penginapan dan sarana penunjang wisata lainnya yang berkembang di kawasan wisata Lembah Harau, namun hal ini tidak diringi dengan pengawasan yang dilakukan dinas terkait
Kata Kunci: Manajemen, Pengelolaan, Pariwisata, Peran, Stakeholder

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bungin, B, M. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta : Prenadamedia Group

Griffin. 2004. Manajemen, alih bahasa Gina Gania. Jakarta: Erlangga.

Hasibuan, Malayu S.P. (2006). Organisasi dan Motivasi – Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Heny, Urmila Dewi Made. 2013. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali. Jurnal Kawistara Vol. 3 No. 2, 17 Agustus 2013 Hal 117- 226

Mariotti, Yoeti. 1996. Pengantar Ilmu Priwisata, Bandung : Angkasa.

Mary, Parker Follet. 2005. Manajemen. Jakarta: Indeks

Moleong, J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musanef. 1995. Manajemen Usaha Pariwisata di Indonesia. Jakarta : PT Toko Gunung Agung

Natsir, M. 2003. Metode Penelitian. Bandung : Universitas Padjadjaran Bandung

Nugroho, J. Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Riani MW. 2012. Mekanisme hubungan para pihak dalam pengelolaan wisata alam di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya Provinsi Lampung. [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Salim, Emil. 1981. Pengantar Industrialisasi. Jakarta: UI Press.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2008. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Siswanto. 2005. Manajemen-Analisa. Yogyakarta : ANDI

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung

Sunaryo, B. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonsia. Yogyakarta: Gava Media

Suporahardjo, 2005. Manajemen Kolaborasi. Bogor : Latin

Taylor, Frederick W. 2004. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Terry, George R.2009. Prinsip-Prinsip Manajemen cetakan 10. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2545

Article Metrics

Sari view : 20 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter