ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA PERIODE 2005-2015

Ratna Dewi, Habib Furqony Andrianus

Sari


Kemiskinan merupakan masalah utama di setiap negara, terutama di negara berkembang termasuk Indonesia. Untuk mengurangi kemiskinan, pemerintah mengeluarkan kebijakan berupa program bantuan tunai. Bantuan ini pertama kali diberikan kepada masyarakat pada tahun 2005 dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan program bantuan langsung tunai, bagaimana kebijakan bantuan tersebut dilaksanakan, apakah berdampak pada kemiskinan dan bagaimana evaluasi program bantuan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Badan Pusat Statistik periode 2005-2015 dengan menggunakan analisis dan korelasi kualitatif. Studi ini menemukan bahwa program bantuan tunai langsung berdampak pada kemiskinan di Indonesia, namun kebijakan program tersebut menuai protes karena penyaluran dan pencairannya dinilai membingungkan. Di sisi lain, program ini dinilai lebih efektif dan efisien untuk diberikan kepada masyarakat daripada bantuan sosial berupa sembako, karena masyarakat dapat mengeluarkan dana untuk kebutuhan lain selain kebutuhan pangan.
Kata Kunci: Tingkat Kemiskinan, Program Bantuan Langsung Tunai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Todaro, M. P. (2002). Economic development. Pearson Education India.

[BPS] Badan Pusat Statistik (2019). Berita Resmi Statistik : Profil Kemiskinan diIndonesia September 2019.

World Bank (2017) ‘Indonesia Social Assistance Public Expenditure Review Update: Towards a Comprehensive, Integrated, and Effective Social Assistance System in Indonesia.’ Washington, D.C.: World Bank.

Al Izzati, R., Suryadarma, D., & Suryahadi, A. (2020). The Behavioral Effects of Unconditional Cash.

Ritonga, H. (2003). Perhitungan Penduduk Miskin. BPS. Jakarta.

Mankiw N,Gregory. 2006. Makro Ekonomi, Terjemahan: Fitria Liza, Imam Nurmawan, Jakarta: Penerbit Erlangga,195

[TNP2K] Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. 2020. Pengutamaan Penggunaan Dana Desa : Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Ringkasan Kebijakan [internet]. [diunduh 12 Des 2020].

Lembaga Penelitian SMERU. 2011. Kajian Cepat Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2008 dan Evaluasi Penerimaan Program BLT 2005 di Indonesia. Laporan Penelitian [internet]. [diunduh pada 14 Des 2020].

Harwidiansyah.2011.Dampak Bantuan Langsung Tunai Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Maccini Baju Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.Skripsi [Internet].Fakultas Dakwah dan Komunikasi.UIN Alauddin Makassar: Makassar.[Diakses 11 Des 2020].

Nurmiza. 2014. Implementasi Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) Tahun 2013 di Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Tanjungpinang Barat. Skripsi [internet]. [diakses 11 Des2020].




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2408

Article Metrics

Sari view : 5076 times
PDF - 6208 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.