HUBUNGAN POLA HIDUP SEHAT PADA PENDERITA HIPERTENSI DENGAN PENGONTROLAN TEKANAN DARAH TERHADAP AKTIFITAS FISIK DI RW 024 DESA PANDAU JAYA KAB. KAMPAR

Maswarni Maswarni, Hayana Hayana

Sari


Salah satu faktor penyebab hipertensi adalah asupan makanan. Pola makan yang salah merupakan salah satu faktor resiko yang meningkatkan penyakit hipertensi. Dengan melaksanakan pola hidup yang sehat dapat menurunkan tekanan darah, mencegah, atau menunda terjadinya hipertensi, meningkatkan efektivitas obat anti hipertensi, dan menurunkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskuler. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan pola hidup sehat pada penderita hipertensi dengan pengontrolan tekanan darah terhadap aktifitas fisik di RW 024 Desa Pandau Jaya Kabupaten Kampar.Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan cross-sectional yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi antara faktor resiko dengan efek, dengan cara pendekatan observasi atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat (point time approach). Populasi pada penelitian ini adalah Penderita Hipertensi yang berada di RT 01 RW 24 Desa Pandau Jaya Kabupaten Kampar. Sampel pada penelitian ini sejumlah 74 responden. (2.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan kuesioner..Penelitian ini menggunakan tingkat kepercayaan CI 95% dan tingkat kemaknaan 0.05. Hasil: pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-P = 0,01 (P <0,05), dengan nilai OR 7.389 sehingga dapat di simpulkan bahwa dengan adanya aktifitas fisik yang teratur maka akan meningkatkan pengontrolan tekanan darah sebanyak 7.389 kali
Kata Kunci : Hipertensi, pola hidup sehat, aktivitas fisik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alvino, Sunarti, S. Upaya Penderita Hipertensi untuk Mempertahankan Pola Hidup Sehat. J. Keperawatan Terap. 1, 41–47 (2015).

Murti. & B. Desain dan Ukuran Sampel untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di Bidang Kesehatan. 7, (2010).

Kishore, J., Gupta, N., Kohli, C. & Kumar, N. Prevalence of Hypertension and Determination of Its Risk Factors in Rural Delhi. Int. J. Hypertens. 2016, 1–6 (2016).

Murni. Efektivitas Terapi Spritual Emotional Freedom Technique (Seft ) Terhadap Penurunan Tekanan Darah. photon 8, 151–158 (2018).

Masyitah, D. Pengaruh Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (Seft) Terhadap Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi di Rumah Sakit Umu Daerah Raden Mattaher Jambi Tahun 2012. Tesis Univ. Indones. 1–95 (2013).

Irwansyah. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. (2006).

Aryantiningsih, D. S. & Silaen, J. B. Kejadian Hipertensi Pada Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Raya Pekanbaru. J. Ipteks Terap. 12, 64 (2018).

Herwati & Sartika, W. Terkontrolnya Tekanan Darah Penderitahipertensi Berdasarkanpoladiet Dankebiasaanolahraga Dipadangtahun 2011. J. KesehatanMasyarakat 8, 9 (2014).

Mahmudah, S., Maryusman, T., Arini, firlia ayu & Malkan, I. Hubungan Gaya Hidup Dan Pola Makan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia Di Kelurahan Sawangan Baru Kota Depok Tahun 2015. Biomedika 8, 39–47 (2016).




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2391

Article Metrics

Sari view : 1361 times
PDF - 1310 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.