GAYA KOMUNIKASI POLITIK PUTRA MAHKOTA SAAT DEBAT CALON KEPALA DAERAH

Welda Yulia, Ernita Arif, Asmawi Asmawi

Sari


Jelang Pilkada Serentak Tahun 2020, Gaya komunikasi politik saat ini menjadi fenomena yang sangat banyak dijadikan sebagai fokus pengamatan khalayak terutama saat debat calon kepala daerah yang diselenggarakan oleh KPU. Calon Bupati dari Paslon nomor urut 3 ini sangat banyak diperbincangkan di Kabupaten Sijunjung, putra kandung dari Bupati Sijunjung terdahulu yang menduduki 2 periode sebagai Bupati dan 1 periode sebagai Wakil Bupati, memiliki riwayat karier yang luar biasa di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung. Selanjutnya merupakan paslon terbanyak dilihat dari partai pengusungnya yaitu 10 kursi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu studi observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian debat calon kepala daerah yang diselenggarakan KPU Daerah Sijunjung melalui audiovisual pada youtube KPUD Sijunjung maka dapat disimpulkan bahwa gaya komunikasi yang digunakan cabup paslon no 3 putra mahkota yaitu gaya komunikasi asertif (assertive style). Selain itu Gaya komunikasi putra mahkota meliputi gaya komunikasi sebagai berikut : Emotive style traits dan Supportive style trait.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, D. (1990). Perkembangan Komunikasi Politik Sabagi Bidang Kajian. Jurnal Ilmu Politik, 6.

Hariyana, & Et.all. (2009). Komunikasi Dalam Organisasi.

Ivan. (2012). Memahami GAya Komunikasi. Harmoni, 8(1).

Juarsa, E. (2016). Gaya Komunikasi Pemimpin Divisi MIS PT. Trias Sentosa Tbk Krian. Jurnal E-Komunikasi, 4(1).

Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana.

MCNair. (2011). An Introduction to Political Communication.

Miller, J. L., & Mckerrow, R. E. (2010). History of Political Communication.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rodakrrya.

Mulyana, D. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nimno, D. (2005). Political Communication and Public opinion in America. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Perloff, R. M. (1998). Political Communication. New Jersey : Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Salim, A. (2006). Teori dan Paradigma : Penelitian Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana.

Saphiere. (2005). Communication Highwire : Leveraging teh Power of Diverse Communication Style. Boston : Intercultural Press.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2379

Article Metrics

Sari view : 26 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter