PRODUKTIVITAS PENYARADAN KAYU DI HUTAN TANAMAN INDUSTRI PT. TOBA PULP LESTARI SEKTOR AEK NAULI, KABUPATEN SIMALUNGUN

Rozalina Lubis, Meylida Nurrachmania

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui produktivitas penyaradan kayu di Hutan Tanaman Industri PT. Toba Pulp Lestari. Produktivitas penyaradan dihitung dengan cara mencatat waktu sarad dengan metode null-stop, jarak sarad dan volume kayu yang disarad dengan masing- masing ulangan sebanyak 30 rit. Adapun elemen kerja penyaradan adalah sebagai berikut berjalan kosong ke tempat kayu, memuat (meliputi persiapan memuat dan memuat kayu ke atas excavator), menyarad, membongkar kayu dan pengaturan kayu di TPn. Produktivitas penyaradan kayu dipengaruhi oleh jarak sarad, waktu kerja penyaradan, volume kayu yang disarad, keahlian operator, dan faktor topografi. Rata-rata produktivitas penyaradan kayu menggunakan Excavator Hitachi Zaxis 110 mf dengan bantuan Ponton Darat yaitu sebesar 16,128 m3hm/jam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, R. 2011. Analisis Biaya dan Produktivitas Penyaradan Kayu Menggunakan Eskavator Komatsu PC 200-5 dengan Bantuan Ponton Darat di Hutan Tanaman Industri (Studi kasus di PT. Toba Pulp Lestari tbk, Sektor Tele, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara). Fakultas Kehutanan USU. Medan

Departemen Kehutanan. 1999. Panduan Kehutanan Indonesia. Departemen Kehutanan. Jakarta.

Kartadinata, A. 2000. Akutansi dan Analisis Biaya. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Muhdi. 2015. Analisis Biaya dan Produktivitas Penyaradan Kayu Dengan Traktor Caterpillar D7G di Hutan Alam Tropika Basah PT INHUTANI II, Kalimantan Utara. Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Vol. 1 No. 2 : 63 – 68.).

Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Transportasi. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Purnomo, H. 2003. Pengantar Teknik Industri. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sinungan, M. 2000. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Staaf, K.A.G. & N.A.Wiksten. 1984. Tree Harvesting Techniques. Martinus Nijhoff / Dr.W.Junk Publisher. Dordrecht/Lancaster.

Suhartana, S., Idris, M.M & Yuniawati. 2011. Penyaradan Kayu Sesuai Standar Prosedur Operasional untuk Meningkatkan Produktivitas dan Meminimalkan Biaya Produksi dan Penggeseran Lapisan Tanah Atas : Kasus di Satu Perusahaan Hutan di Jambi. Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan.

Wackerman, A. E. 1949. Harvesting Timber Crops. Mc Graw-Hill Book Company. New York.

Wignjosoebroto, S. 2000. Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. Penerbit Guna Widya. Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2361

Article Metrics

Sari view : 38 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter