PENGARUH ORIENTASI BELANJA, KEPERCAYAAN, DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI ULANG SECARA ONLINE

Ainil Mardiah, Hamdi Anugrah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh orientasi belanja, kepercayaan, dan pembelian sebelumnya terhadap minat beli ulang secara online mahasiswa Universitas Andalas pada tahun 2019. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden melalui metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa orientasi belanja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ulang secara online pada mahasiswa Universitas Andalas tahun 2019. Kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ulang secara online pada mahasiswa Universitas Andalas tahun 2019. Pengalaman pembelian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ulang secara online pada mahasiswa Universitas Andalas tahun 2019.
Kata Kunci: Orientasi Belanja, Kepercayaan, Pengalaman Pembelian dan Minat Beli Ulang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bob, Foster. (2017). “Pengaruh Pengalaman Belanja Online Produk Fashion terhadap Kepuasan dan Niat Beli Ulang Pelanggan Zalora serta Berrybenka.” Jurna Informatika dan Bisnis, Vol. 5 No. 1, hal. 68-76.

Endang, Sulistya Rini. (2009). “Menciptakan Pengalaman Konsumen dengan Experiential Marketing.” Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 2, No. 1 hal. 15 – 20.

Ferdinand, Augusty. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gersom, Hendarsono dan Sugiono Sugiharto. (2013). “Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Cafe Buntos 99 Sidoarjo.” Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1, No. 2 hal. 1-8.

Kim, S., and Stoel, L. (2004). “Apparel retailers: websites quality dimensionsand satisfaction.” Journal of Retailing and Consumer Services, Volume 11, Number 2, pp, 109-117.

Li, H., Kuo, C. and Russel, M.G. (1999). The impact of perceived channel utilities, shopping orientations, and demographics on the consumer's online buying behavior. in Steinfield, C.W., New Directions in Research on E-Commerce. Indiana: Purdue University Press.

Ling, K.C,. Chai, L. T,. and Piew, T. Hoi. (2010). “The Effects of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customers’ Online Purchase Intention.” Jurnal International Business Research, Vol. 3, No. 3, pp. 63-76.

Marge Hume and Gillian Sullivan Mort. (2010). “The consequence of appraisal emotion, service quality, perceived vaalue and customer satisfaction or repurchase intent in the performing art.” Journal of Service marketing, Vol. 24, No. 2, pp. 170-182.

Park, Hyun Hee, Dong Mo Koo, and Elizabeth B. Goldsmith. (2009). “The Effect of Shopping Orientation on Cosmetic Attribute Evaluation, Purchase Motivation, and Re-purchase Intention.” International Journal of Human Ecology, Vol 10, pp. 55-69.

Saleem, Muhammad Abid, Sadaf Zahra, and Asif Yaseen. (2017). “Impact of Service Quality and Trust on Repurchase Intentions - The Case of the Pakistan Airline Industry.” Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, Vol 29 Issue: 5, pp 1136-115.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Thamizhvanan, Arun, and M.J. Xavier. (2013). “Determinants of Customers' Online Purchase Intention: An Empirical Study in India.” Journal of Indian Business Research, Vol. 5 Issue: 1, pp.17-32.

Vijayasarathy, Leo., R., and Joseph M Jones. (2000). “Intentions to shop using Internet catalogues: Exploring the effect of the product types, shopping orientations, and attitudes toward computers.” Electronic Market, Vol. 10, No. 1, pp. 29-38.

Wayan, Febri, Astari, dan Komang, A, S, Pramudana. (2016). “Peran Experiential Value Dalam Memediasi Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Repurchase Intention Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana.” Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 10, No. 1, Februari 2016.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v14i2.2245

Article Metrics

Sari view : 598 times
PDF - 575 times

Refbacks



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter