ANALISIS BAURAN PROMOSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN KAMPAR

Supardi Supardi, Muhammad Yusri, Ade Tirta Zamri, Ulul Azmi Ak

Sari


Dewasa ini kegiatan pemasaran semakin menjadi faktor yang penting dan semakin wajib dilaksanakan oleh setiap perusahaan dalam rangka menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan untuk pengembangan usahanya. Situasi dan kondisi perekonomian sekarang ini, memberikan tantangan bagi semua perusahaan baik yang menghasilkan produk maupun jasa. Kinerja pemasaran ini merupakan konsep untuk mengukur prestasi pasar dari produk, seperti tingginya market share, serta tingginya profitabilitas pemasaran, yang digunakan sebagai cermin dari keberhasilan usahanya di kancah persaingan dunia usaha. Sulitnya pedagang memahami orientasi pasar, selain itu, kelengkapan produk juga menjadi hambatan pedagang dalam menaikkan kinerja pemasaran, kurangnya efektifitas saluran distribusi juga menjadi faktor penghambat kinerja pemasaran para pedagang, sehingga pemerintah perlu memberikan semacam pendidikan dan pelatihan bagi pedagang yang termasuk ke dalam UMKM tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran promosi terhadap kinerja pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap kinerja pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Kampar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bauran promosi dan variabel terikatnya adalah kinerja pemasaran. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel bauran promosi terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Kampar. Variabel bauran promosi dan kinerja pemasaran memiliki hubungan yang kuat dengan kontribusi bauran promosi terhadap kinerja pemasaran juga cukup tinggi yaitu sebesar 67,60%, sedangkan sisanya 32,40% ditentukan oleh faktor lain di luar model.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, Sofjan, SE MBA. 2010.Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep, Dan Strategi. Jakarta.

Depary, Astrid Orsini. 2010. Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Untuk Umum (SPBU) Di Semarang.Program studi magister manajemen.Program Pascasarjana.Universitas Diponegoro Semarang.

Chamiatun, A. 2016. Studi Tentang Pengaruh Kemampuan Merespon Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Penetrasi Pasar Pada Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XV(1), 1-11

Dharmesta dan Handoko.2011. Strategi Menaklukkan Pasar Riset Ekuistis dan Perilaku Merk. Gramedia, Jakarta.

Gupta, P. D., Guha, S. dan Krishnaswami,S. S., 2013. Firm growth and its determinants. Journal of Innovation and Entrepreneurship 2013, 2:15

Kakati, R. P., & Ahmed, S. (2014). Rural Market Dynamics and Product Penetration. The IUP Journal of Marketing Management, 59-77

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Cetakan Ketiga. Penerbit PT. Indeks, Jakarta.

Melisa, Yuda. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Mega Prima Swalayan Payakumbuh. Jurnal Manajemen, Volume 01, Nomor 01, September 2012.

Rasyidi, 2015. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada UMKM Keripik Buah Di Wilayah Malang Raya). Vol. 4, No. 2.

Tjiptono, 2012, Pemasaran Strategik Edisi 2. Andi Offset. Yogyakarta.

Wainaina, N. G. 2016. Market Penetration Strategies and Organizational Growth : A Case of Soft Drink Sector in Kenya. International Journal of Management and Commerce Innovations, 219–227

Wardhani, Rendhy Kusuma. 2014. Bauran Komunikasi Pemasaran Dalam Mengembangkan Perusahaan (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Divisi Marketing PT. Salimas Sejahtera di Jogjatronik Mall Tahun 2011-2013).Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Winardi. 2010. Aspek-aspek Manajemen Pemasaran. CV. Mandar Maju, Bandung

Yeni, Yulia Hendri, 2015, Orientasi Pasar dan Kinerja Institusi Pendidikan di Indonesia: Kajian Empiris untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, www.para pemikir.com




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2177

Article Metrics

Sari view : 52 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter