GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI RUANGAN INTALANSI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT ISLAM SITI RAHMAH PADANG TAHUN 2019
Sari
Desain penelitian yang digunakan deskriptif analitik dengan total responden sebanyak 95 orang. Pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2019 di Instalasi Unit Gawat darurat.
Hasil Univariat di temukan 70 (70%) responden menyatakan puas tentang pelayanan kesehatan dalam dimensi kehandalan / realibility. 68 (68%) responden menyatakan puas tentang pelayan kesehatan dalam dimensi Responsivenes / cepat tanggapan. 71 (71%) responden menyatakan puas tentang pelayanan kesehatan dalam dimensi Empaty. 74 (74%) responden menyatakan puas tentang pelayanan kesehatan dalam pelayanan dalam dimensi jaminan / Assurance. 64 (64%) responden menyatakan puas tentang pelayanan kesehatan dalam dimensi Tangibles / bukti langsung.
Dari hasil penelitian ini diharapakan kepada petugas yang bekerja di Instalansi Gawat Darurat, Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang Agar meningkatkan pelayanan terhadap kepuasan pasien, di pertahankan demi mutu pelayanan kesehatan pada umumnya dan keperawatan pada khususnya.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggraini. ( 2012 ). Kepuasan pelanggan. Diakses dari http : repository. Unand.ac.id/ 2018
Adelena, Fricylia. 2015. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Tentang Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Alai Padang.
Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptebilitasnya. Jakarta. Erlangga
Citra. (2012) Unit Gawat Darurat diakses dari : http : // www. Citra harapan.com / 2012 / 04 / unit - gawat – darurat – ugd html
Damayanti.2008. Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. Refika Aditama, Bandung
https://sholar.google.co.id/scholar/?q=pelayanan+perawat+menurut+azwar&=idas_sdt=0as_vis= /04/08/2009 kepuasan pelayanan diakses melalui,Na Rustami,Tc Kurniatun-jurnal ADPEND,2016-ejournal.upi.edu
Muninjaya , G. 2012 .Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC
Notoadmojo. 2010.Metodologi Penelitian Kesehatan Jakarta.Rineke Cipta
Nursalam. 2007. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional
Pohan Imbalo S.MPH, (2007) Buku Jaminan mutu layanan kesehatan Jakarta : EGC
Presiden RI.2009 UU RI No. 44 Tahun 2009 tentang pelayanan gawat darurat Pohan Imbolo S.MPH,(2007) Buku Jaminan mutu layanan kesehatan Jakarta :
EGC
Pelayanan Keperawatan, diakses dari http : // www. Academia. Edu. Com / 03 /04 /2014
Siboro. T (2014) Hubungan Pelayanan Perawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruangan Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Advent Bandung Skripsi.Uiversitas
Advent. Indonesia. Bandung.
Sastroasmoro, Sudigdo.2011.Dasar – dasar Metodologi Penelitian Klinis.Jakarta Sagung Seto
Sugiyono.2010 Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta.Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v14i1.2125
Article Metrics
Sari view : 272 timesPDF - 1959 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.