HUBUNGAN FAKTOR INDIVIDU DENGAN SELF ESTEEM (HARGA DIRI) REMAJA PANTI ASUHAN DI KOTA PADANG TAHUN 2019

Anisa Febristi

Sari


Remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa, masa kritis terjadinya perubahan pada periode fisik, permasalahan sosial, dan permasalahan psikologi. Masa remaja merupakan salah satu tahap perkembangan yang paling beresiko dalam kesehatan jiwa.Salah satu permasalahan psikologis adalah harga diri yang rendah. Di Afrika selatan (Botswana) 56% remaja yang tinggal dipanti asuhan menutup diri mengalami permasalahan psikologis harga diri rendah pada remaja.Harga diri merupakan sebuah penilaian yang dilakukan terhadap diri individu dibandingkan dengan pencapaian ideal diri individu. Pembentukan harga diri remaja panti asuhan dimulai individu,pengasuh,,orang tua,teman sebaya dan lingkungan yang akan mempengaruhi harga diri individu.Penelitian ini bertujuan mengetahui ada yang berhubungan dengan Self Esteem. Desain penelitian deskriptif analitik, pendekatan cross secsional study. Lokasi penelitian adalah 30 Panti Asuhan dikota Padang.Sampel 256 remaja dengan teknik proportional stratified random sampling. Data dianalisis menggunakan chi square. Hasil penelitian adalah lebih dari setengah (52,3%) remaja di panti asuhan menagalami Self Esteem yang rendah. Ada hubungan antara faktor individu dengan Self Esteem anak remaja dipanti asuhan. Diharapkan dengan hasil penelitian ini petugas panti dapat bertambah dalam jumlah kualitas dan kuantitas serta dalam praktek keperawatan dapat meningkatkat upaya pengetahuan untuk program kelompok khusus remaja untuk memberikan edukasi Self Esteem pada remaja dipanti asuhan.
Kata Kunci : Self Esteem (harga diri), Faktor yang berhubungan dengan Self Esteem (Harga Diri), Remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdallat, M. M. A. (2012). Actual Self-Image, Ideal Self-Image and the Relation between Satisfaction and Destination Loyalty - actual-self-image-ideal-self-image-and-the-relation-between-satisfaction-and-destination-loyalty-2167-0269.1000102.pdf. Journal of Tourism & Hospitality, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.4172/2167-0269.1000102

Abraham, D. (2010). A Study on the Self-Esteem and Social Relations of Adolescents with Learning Disability. Christ University.

Adejoh, S. O., Esan, D. T., & Adejayan, A. (2018). Social role performance and self-identity among breast cancer patients in Lagos , Nigeria. Journal of Health and Social Sciences, 171–184. https://doi.org/10.19204/2018/scrl7

Alami, A., Khosravan, S., Moghadam, L. S., Pakravan, F., & Hosseni, F. (2014). Adolescents ’ Self-Esteem in Single and Two- Parent Families. IJCBNM, 2(2), 69–76.

Alifiati, F. (2013). Determinan Depresi pada anak remaja.

Alimbayeva, R., Baimukanova, M., Sabirova, R., Karipbaev, B., & Tamabayeva, M. (2018). Psychological peculiarities of the professional self-determination of social orphans in senior adolescence. International Journal of Adolescence and Youth, 23(4), 457–467. https://doi.org/10.1080/02673843.2018.1433694

Aliyev, B., & Türkmen, A. (2014). Parent, Peer and Media Effect on the Perception of Body Image in Preadolescent Girls and Boys. Universal Journal of Psychology, 2(7), 224–230. https://doi.org/10.13189/ujp.2014.020703

Asif, A. (2017). Self-Esteem and Depression among Orphan and Non-Orphan Children. MedCrave Group LLC, July, 1–29. https://pdfs.semanticscholar.org/b38d/5229eb24f4b63c75ad6d219b6f93aa443ac3.pdf

Badan Pusat Statistik. (2017). Jumlah Panti Asuhan.

Badan Pusat Statistik. (2018). Jumlah Remaja di Indonesia.

Bharathi, T. A., & Sreedevi, P. (2013). A Study on the Self-Concept of Adolescents. International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Online Index Copernicus Value Impact Factor, 14(10), 2319–7064.

Bharathi, T. A., & Sreedevi, P. (2013). A Study on the Self-Concept of Adolescents. International Journal of Science and Research (IJSR), 14(10), 2319–7064.

Bratha, S. D. K., Neherta, M., & Putri, D. E. (2018). The Effect of Therapeutic Group Therapy to Mother ’ s Knowledge about Cognitive and Psychosocial of Preschool-age. International Journal of Research in Nursing, 02(15), 1–6. https://doi.org/10.3844/ijrnsp.2018.

Damayanti, R., & Nurjannah, P. A. (2016). Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Harga Diri Peserta Didik Kelas VIII Di MTs N 2 Bandar Lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 221–234.

Gandaputra, A. (2017). Gambaran self esteem remaja yang tinggal di panti asuhan. Jurnal Psikologi, 7(2), 52–70.

Herbert, W., & Gary, E. (1987). The Tennessee Self Concept Scale: Reliability.

Hidayati, F. (2016). Pengaruh dukungan sosial terhadap harga diri reaaaja desa wonoayu kecaaaatan wajak. 13.

Hurlock, E. (2012). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi ke lima).

Kasiri, N., Alidousti, M., Soureshjani, S. H., & Mohamadi, S. (2015). Comparison of the real self , ideal self and ought self in adolescents with and without criminal history in Isfahan Comparison of the real self , ideal self and ought self in adolescents with and without criminal history in Isfahan. Fundamentals of Mental Health.

Kraja, P. (2014). Self-Concept and Self-Evaluation in the Transition From Primary To Lower Secondary Education. The Eurasia Proceedings of Educational & Social Sciences, 1(2), 420–426.

Livsey, B. K. (2013). Self-Concept and Online Social Networking in Young Adolescents: Implications for School Counselors.

Llapo, O. P. (2015). Caregivers Perception of Emotional and Behavioural Difficulties Experienced by Teenage Orphans Living in Mogapi (Botswana). University of The Witwatersrand.

Maiyuniati. (2015). Faktor Penyebab Kurang Lancarnya Remaja Awal dalam Melaksanakan Tugas-Tugas Perkembangan di SMP Negeri 25 Padang. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Mayasari, I. A., & Janah, M. (2015). Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Prososial pada Remaja di Panti Asuhan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

Mehrad, A. (2016). Mini Literature Review of Self-Concept. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 5(2), 62. https://doi.org/10.12928/jehcp.v5i2.6036

Ningrum, N. A. (2013). Hubungan Antara Coping Strategi dengan Kenakalan pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi, 7(1), 481–489.

Nurliana, Y. (2017). Konsep Diri Remaja. Psikologi & Kemanusian, 4(2), 978–979.

Nursalam. (2013). Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika.

Preckel, F., Niepel, C., Schneider, M., & Brunner, M. (2013). Self-concept in adolescence: A longitudinal study on reciprocal effects of self-perceptions in academic and social domains. Journal of Adolescence, 36(6), 1165–1175. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2013.09.001

Priyanka, Parasar, A., & Dewangan, R. L. (2018). A Comparative Study of Self Esteem and Level of Depression in Adolescents Living in Orphanage Home and Those Living With

Riyadi, Rusmil, K., & Effendi, S. H. E. (2014). Risiko Masalah Perkembangan dan Mental Emosional Anak yang Diasuh di Panti Asuhan Dibandingkan dengan Diasuh Orangtua Kandung. Jurnal MKB, 46(2), 118–124.

Rosenberg, M. (1965). Rosenberg Self-Esteem Scale. Mindfulness, 6(6), 1366–1378. https://doi.org/10.1007/s12671-015-0407-6

Saraswatia, G. K., Zulpahiyana, & Arifah, S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja di SMPN 13 Yogyakarta. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 3(1), 33. https://doi.org/10.21927/jnki.2015.3(1).33-38

Schemmel, C. (2018). Real self-respect and its social bases. Canadian Journal of Philosophy, 5091, 1–24. https://doi.org/10.1080/00455091.2018.1463840

Smith, J. L., & DeMarree, K. G. (2017). Self-Concept Clarity. Springer.

Stuart, G. W. (2012). Principles and Practice of Psyhchiatric Nursing. Elsevier Ltd.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Suntiawati, N. P., Westa, W., Studi, P., Dokter, P., Kedokteran, F., Udayana, U., Smf, B., Psikiatri, I., Universitas, F. K., & Rsup, U. (2015). Prevalensi Tingkat Kecemasan Remaja di Panti Asuhan Wisma Anak-Anak Harapan Bangsa Dalung Bali Tahun 2015. Jurnal Intisari Sains Medis, 3(1), 88–93.

Webb, C. (2014). Self Esteem in Pre-Teen Girls. In Dominican University of California. Dominican University.

World Health Organization. (2015). Pengelompokan Usia.

World Health Organization. (2017). Health Adolescence 2017.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v14i1.2123

Article Metrics

Sari view : 2631 times
PDF - 2873 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.