ANALISIS RESIDU PESTISIDA GOLONGAN ORGANOFOSFAT DENGAN BAHAN AKTIF KLORPIRIFOS PADA SAYURAN KUBIS (BRASSICA OLERACEA) DI BEBERAPA PASAR TRADISIONAL KOTA PEKANBARU

Nila Puspita Sari, Dwi Puji Lestari

Sari


Pestisida adalah bahan racun yang disamping memberikan manfaat di bidang pertanian, tetapi dapat memberikan dampak terhadap kesehatan masyarakat. Klorpirifos merupakan salah satu insektisida organofosfat yang banyak digunakan petani sayuran, termasuk sayuran kubis. Tujuan penelitian ini menganalisa uji kadar residu pestisida golongan organofosfat dengan bahan aktif klorpirifos pada sayuran kubis yang dijual di beberapa pasar tradisional kota pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian ini adalah kubis yang berasal dari tiga sumber berbeda yang dijual di beberapa pasar tradisional. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa dari tiga sampel, nilai residu pestisida adalah <1 mg/kg. Hal ini berarti kandungan residu pestisida klorpirifos pada semua sampel kubis berada di bawah ambang batas deteksi alat. Kesimpulannya adalah masih terdapat residu pestisida golongan organofosfat jenis klorpirifos yang terdeteksi di dalam sampel yang dijual di beberapa pasar tradisional kota pekanbaru tetapi masih aman untuk dikonsumsi. Saran kepada masyarakat hendaknya melakukan pencucian sebelum mengkonsumsi sayuran kubis dan kepada petani untuk dapat mengurangi jumlah pestisida yang digunakan.

Kata Kunci : Pestisida, Klorpirifos, Kubis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sebelum Panen Terhadap Residu Profenofos dan Karakteristik Sensoris Kubis. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. Universitas Udayana.

Ayu, Ni Putu. (2015). Analisis Residu Pestisida Organofosfat pada Buah Strawberry (Fragaria Ananassa Rosa Linda) Menggunakan Kromatografi Gas. Universitas Udayana. http://erepo.unud.ac.id/id/eprint

/11579

Diana, Wulan. (2009). Dampak negatif penggunaan pestisida di lingkungan.

http://repository.usu.ac.id/bitstr eam/123456789/1106/1/fp- diana.pdf.

Fitriani, Ida. Analisis Residu Pestisida pada Tomat Buah dan Tomat Sayur pada Pasar Swalayan di Kota Makassar Tahun 2014. Jurnal Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Munarso, S.J, Miskiyah, dan Wisnu,

B. (2006). Studi Kandungan Residu Pestisida Pada Kubis, Tomat, dan Wortel di Malang Dan Cianjur. Buletin Teknologi Pascapanen Pertanian. Hal. 27-32.

Rahayuningsih, Edia. 2009. Perilaku Pestisida di Tanah. Gadjah Mada University Press.

Sudewa K. Agung, Suprapta, Mahendra. (2009). Residu Pestisida pada Sayuran Kubis (Brassica oleracea) dan Kacang Panjang (Vigna sinensis) yang Dipasarkan di Pasar Badung Denpasar. Jurnal Ecotrophic, ojs.unud.ac.id/index.php/ECO TROPHIC/article/download/25 18/1744.

Sudjana.(1991). Penentuan Logam Berat Dalam Tanaman Sayuran (Bayam, Daun Melinjo, Sausin dan Sawi) Secara Spektroskopi Serapan Atom. Laporan Penelitian Universitas Padjajaran.

Suhartono. 2014. Dampak Pestisida Terhadap Kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Hal. 15-16.

Sularti. (2012). Tingkat Pengetahuan Bahaya Pestisida dan Kebiasaan Pemakaian Apd Dilihat dari Munculnya Tanda Keracunan Pada Kelompok Tani. Jurnal Eprints Ums.

Syekhfanis. 2013. Sejarah Kubis. Jurnal Tanaman Sayur dan Buah. http://syekhfanismd.lecture.ub. ac.id/files/2013/02/KUBIS.pdf

Untung, Kasumbogo. (2006). Pengantar Pengelolaan Hama Terpadu. Gadjah Mada University Press.

.................. 2007. Kebijakan

Perlindungan Tanaman. Gadjah Mada University Press.

Widaningrum, Miskiyah, dan Suismono. (2007). Bahaya Kontaminasi Logam Berat Dalam Sayuran dan Alternatif Pencegahan Cemarannya. Buletin Teknologi Pascapanen Pertanian. Hal. 16-27.

Winarti, C Dan Miskiyah. (2010). Status Kontaminan pada Sayuran dan Upaya Pengendaliannya di Indonesia. Pengembangan Inovasi Pertanian. Hal. 227-237.

Wudianto, Rini. (2007). Petunjuk Penggunaan Pestisida. Cet. 16. Jakarta: Penebar Swadaya.

Yuantari, Lily Kresnowati, Eko Hartini. (2012). Analisis Pola Petani dalam Aplikasi Pestisida dan Dampaknya bagi Kesehatan (Studi Kasus pada Petani Melon di Grobogan). Prosiding Seminar Nasional Rumusan Stategi Kesehatan dan Pertanian dalam Percepatan Pengentasan

Kemiskinan Menuju Tercapainya Target MDGs 2015. Banjarnegara.

Zelila, Cut Zyllan. (2016). Analisis Kandungan Residu Pestisida pada Buah Impor di Pasar Buah Tradisional (Peunayong) dengan Suzuya Mall Kota Banda Aceh. Jurnal Kesehatan Ilmiah Nasuwakes. Hal. 261- 262.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v14i1.2122

Article Metrics

Sari view : 2446 times
PDF - 1873 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.