ANALISIS PERBANDINGAN E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST APLIKASI LINKAJA DENGAN APLIKASI DANA

Nabilla Salshabia Analita, Tri Indra Wijaksana

Sari


Penelitian ini didasari oleh latarbelakang permasalahan terkait peningkatan dan perkembangan pengguna internet di Indonesia yang dapat memajukan ekonomi digital di Indonesia. Peningkatan dan perkembangan internet di Indonesia dapat mempengaruhi tingginya transaksi fintech di Indonesia. Oleh karena itu persaingan yang semakin kompetitif pada usaha dompet digital atau yang dikenal sebagai e-wallet. Usaha dompet digital tersebut harus mampu menciptakan dan menjaga kualitas pelayanan elektronik yang baik. Sehingga dengan menciptakan dan menjaga kualitas pelayanan elektronik tersebut mampu meningkatkan kepercayaan bagi pengguna aplikasi tersebut. Berdasarkan riset iPrice dan App Annie, pengguna dompet digital aplikasi linkaja selalu beriringan dengan aplikasi dana. Maka penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kualitas pelayanan elektronik dan tingkat kepercayaan pada aplikasi linkaja dengan aplikasi dana.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode nonprobability sampling. Dibagikan kepada 100 responden pengguna aplikasi linkaja dan 100 responden pengguna aplikasi dana yang berada di Indonesia dan yang pernah menggunakan aplikasi tersebut. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji beda Mann-Whitney.
Berdasarkan hasil penelitian pada analisis deskriptif, pada variable e-service quality pada aplikasi linkaja secara keseluruhan dengan skor rata-rata 64,9% yang termasuk dalam kategori cukup baik dan pada aplikasi dana secara keseluruhan dengan skor rata-rata 73,18% termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada variable e-trust pada aplikasi linkaja secara keseluruhan dengan skor rata-rata 66,5% termasuk kategori cukup baik dan pada aplikasi dana keseluruhan dengan skor rata-rata 77,4% termasuk dalam kategori baik. Hasil uji beda Mann-Whitney terdapat perbedaan yang signifikan disetiap variabelnya. Dimana aplikasi Dana lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi LinkAja.
Kata Kunci: E-Wallet, E-Service Quality, E-Trust, Mann-Whitney

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia Sativa (2016). Analisis Pengaruh E – Trust dan E – Service Quality Terhadap E – Loyalty Dengan E – Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna E – Commerce C2C Tokopedia). Semarang.

Ayu Rahman (2019). Analisis Hubungan E – Service Quality Terhadap E – CustomerSatisfactionYang Di Mediasi Oleh Customer Perceived Value (Studi Kasus Pada Pelanggan Toko Online Tokopedia). Jakarta.

Aisyah Fitriani (2018). Pengaruh E – Trust Dan E – Service Quality Terhadap E – Loyalty Dengan E – Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna E – Commerce C2C Shopee). Makassar.

Catur Kurniawan (2018). Pengaruh E – Service Quality, E – Trust, Dan E – Satisfaction Terhadap E – loyalty Konsumen Muslim Pada Market Place Tokopedia Dan Bukalapak. Tulungagung.

Evita Rahayu (2018). Pengaruh E – Service Quality Terhadap E – Customer Satisfaction Dan E – Customer Loyalty Pada Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Pengguna Toko Online Shopee). Jakarta.

Mega Della Prisanti, Imam Suyadi, Zainul Arifin (2016). Pengaruh E – Service Quality Dan E – Trust Terhadap E – Customer Satisfaction Serta Implikasinya Terhadap Ecustomer Loyalty (Studi Pada Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia(Persero)Tbk Kantor Cabang Pembantu Lawang). Malang.

Agnesia Magdalena;Ferry Jaolis. Analisis Antara E – Service Quality, E – Satisfaction, Dan E – Loyalty Dalam Konteks E –Commerce Blibli. Surabaya.

Saiful Riza,Sutopo (2017). Analisis Pengaruh E – Service Quality, Kualitas Informasi Dan Persepsi Kemudahan Terhadap E – Loyalty Dengan E – Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Lazada Indonesia). S emarang.

Dewi Nurayni, Widiartanto. Pengaruh E – Service Quality, E – Satisfaction, Dan E – Trust Terhadap Customer Loyalty Pengguna Aplikasi Mobile KAI Access (Studi Pada Pengguna Aplikasi Mobile KAI Acces Semarang). Semarang.

Arief Budiman, Edy Yulianto, Muhammad Saifi. Pengaruh E – Service Quality Terhadap E – Satisfaction, dan E – Loyalty Nasabah Pengguna Mandiri Online. Malang.

Song-Ee Hahn,Beverley Sparks, Hugh Wilkins & Xin Jin(2017). E – Service Quality Management of A Hotel Website: A Scale and Implications For Management. Australia.

Doddahulugappa Goutam and B.V. Gopalakrishna (2018). Customer Loyalty Development in Online Shopping: An Integration of E – Service Quality Model an Commitment –Tust Theory. India.

Hermasnyah Andi Wibowo, Fathul Wahid, Nafiudin. The Influence Of Website Design On Formation Of E – Trust, E – Satisfaction And E – Loyalty of Bukalapak.com Cunsomers: Relationship Marketing Revisited.

Rahmi Mohammad Al – Dweeri, Zaid Mohammad Obeidat, Mohammad Ahmad Al – Dwiry, Muhammad Turki Alshurideh & Alaa Mohammad Alhorani (2017). The Impact of E – Service Quality and E – Loyalty on Online Shopping : Moderating Effect of E – Satisfaction and E – Trust. Jordan.

Mukaram Ali Khan and Syed Sohaib Zubair (2019). An Assesment of e – Service Quality, e – Satisfaction, and e – Loyalty. Case of OnlineShopping in Pakistan. Pakistan.

Nadya Egileona Wibowo (2019). Analisis Perbandingan Brand Equity Transportasi Online Gojek dan Grab di Kota Bandung Tahun 2018. Skripsi pada Universitas Telkom, Bandung.

Purnamasurya Asri (2019). Analisis Perbandingan Atribut Produk Aloe Revital Smoothing Gel (300 ML) By Innisfree Dengan Nature Republic Smoothing And Moisture Aloe Vera 92% (Survey Pada Konsumen Outlet Mall Paris Van Java Bandung dan Trans Studio Mall). Skripsi pada Universitas Telkom, Bandung.

Putri Fajrianti (2019). Analisis Perbandingan Website Quality Pada Tiket.com dan PegiPegi (Studi Kasus Pada Pengguna Tiket.com Dana PegiPegi Di Kota Bandung Tahun 2019). Skirpsi pada Universitas Telkom, Bandung.

Annisa (2016). Analisis Pengaruh E-Servuce Quality Terhadap E-Trust Dan E-Satisfaction Serta Implikasinya Pada E-Loyalty Dan Posituve E-WOM: Telaah Pada Konsumen Wanita Bobobobo.com. Skripsi pada Universitas MultiMedia Nusantara, Tangerang.

Grafik Data Pertumbuhan Pengguna Internet di Indonesia: databoks.katadata.co.id. (Akses : 4 November 2019)

Grafik Fintech di Indonesia 2015 - 2021: databoks.katadata.co.id. (Akses : 18 Januari 2020)

iPrice (2019). Daftar Dompet Digital Terbesar di Indonesia: databoks.katadata.co.id.

(Akses : 4 November 2019)

Penguasaan pembayaran fintech: katadata.co.id (Akses: 18 Januari 2020).

Perkembangan Sejarah E – Wallet: Kumparan.com (Akses: 4 November 2019).

Wikipedia. (2019). Sejarah LinkAja. Diambil dari website Wikipedia: https://id.m.wikipedia.org/wiki/LinkAja. (Akses: 4 November 2019).

Gilang Pamungkas. (2019). Sejarah Dana. Diambil dari website: https://ngurusduit.com/sejarah-dana-startup-pembayaran-digital-era-modern/. (Akses 4 November 2019)

LinkAja. (2019). Logo Aplikasi LinkAja. Diambil dari website: https//www.linkaja.id. (Akses: 4 November 2019).

Dana. (2019). Logo Aplikasi Dana. Diambil dari website: https//dana.id. (Akses: 4 Novmber 2019).

LinkAja. (2019). Layanan Aplikasi LinkAja. Diambil dari website: https//www.linkaja.id. (Diakses: 4 November 2019).

Akfa Nasrulhak. (2019). Layanan Aplikasi Dana. Diambil dari website: https://m.detik.com/inet/cyberlife/d-4689432/aplikasi-dana-punya-fitur-dan-tampilan-baru-apa-saja. (Diakses: 4 November 2019).

Sudaryono (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v14i1.2121

Article Metrics

Sari view : 1159 times
PDF - 711 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.