ANALISIS MANAJEMEN OPERASI BANQUET SECTION DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DI HOTEL PUSAKO BUKITINGGI

Wina Asty, Junaldi Junaldi

Sari


adalah salah satu usaha yang bergerak dalam bidang jasa untuk mencari keuntungan melalui
suatu pelayanan kepada tamunya yang menginap seperti pelayanan kantor depan, tata graha, makanan dan
minuman, MICE, serta rekreasi. Terurama hotel besar yang mempunyai segmen pasar yang potensial lah
yang diharapkan akan memaksimalkan semua produk, sarana dan prasana dan pelayananya. Maka dari itu
setiap manajer disetiap departemen dituntut dalam pengelola departemen dengan baik terutama manajemen
operasi.Manejemen operasi mengandung unsur adanya kegiatan yang dilakukan untuk dengan
mengkordinasikan berbagai kegiatan dan sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Hotel Pusako selain menjual kamar , hotel Pusako juga menawarkan fasilitas meeting room dan
convention hall nya untuk acara-acara kedinasan seperti meeting , conference ,wedding, garden party dan
lainya. Hal ini tidak di pungkiri menambah income dari Hotel Pusako sendri selain penjualan kamar.
Melihat fasilitas ruang meeting dan convention hall yang banyak dan luas Hotel Pusako meliki. Dari hasil
obesrvasi peneliti terjadi jadi penurunan produktivitas di Banquet section dari 2015 sampai 2017 dengan
adanya pergantian manajemen membuat karyawan meninggalkan Hotel Pusako Bukit tertman banquet
section.Jenis Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 8 orang yang terdiri
dari karyawan F& B service.
Penelitian yang dilakukan dapat di analisis bahwa Manajemen operasi di Banquet section di Hotel
Pusako tidak berjalan dengan baik maka berdampak kepada produktivitas yang dihasilkan karena terjadi
penuruanan produktivitas yang dilihat dari income Hotel Pusako di setiap tahunnya . Seperti dilihat dari
penggunaan ruang meeting di tahun 2014 penggunaan ruang meeting mencapai 183 dan terjadinya
penurunan drastis yang bermulai pada tahun 2016 yaitu sebayak 93 kali , dan pada tahun 2017 dari bulan
Januari sampi Juli hanya di gunakan sebanyak 14 x. Hal ini juga berpangaruh kepada income yang mana
pada total income dari tahun 2014 penggunaan, total pax ,room dan penggunaan itu mencapai Rp
2.013.000.000 tetapi terjadinya penurunnan jauh pada tahun 2017 total income sebanyak Rp 342.100.000
yang di kalkulasikan dari bulan Januari sampai Juli 2017.
Kata kunci : manajemen operasi, produktivitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budi,Agung , Permana. (2013). Manajemen Marketing Perhotelan. Yogyakarta. Andi.

Fuad, Anis.dan Nugroho, Kandung ,Sapto. (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif.Yogyakarta.

Graha Ilmu.

Herjanto, Eddy. (2007). Manajemen Operasi. Edisi ke Tiga. Jakarta. Grasindo.

Mertayasa, I Gede, Agus.(2012). Food & Beverage Service Operational Job Preparation. Yogyakarta.

Andi.

Heru Riyadi , Dkk (2015) Pengetahuan Layanan Makanan dan Minuman, Tim Dosen Sekolah

Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Bandung. Alfabeta.

Sugiama, Gima (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Bandung. Guardaya Intimarta

Sugiyono. (2010). Metode PenelitianBisnis.Bandung. Alfabeta

Sulastiyono,Agus (2006). Manajemen Penyelenggraan Hotel. Alfabeta. Bandung.

WA, Masrum .(2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta. Andi.

------------------. 2007. Banquet Table Manners & Napkin Folding. Yogyakarta:Andi.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v11i75.1852

Article Metrics

Sari view : 460 times
PDF - 1226 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.