PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 04 KOTO SALAK
Sari
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Koto Salak. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian berupa lembar validitas, praktikalitas dan efektifitas. Instrumen penilaian ini di validasi oleh tiga validator yang mencakup validator isi, validator bahasa dan validator konstruk. Lembar praktikalitas LKS ditentukan oleh praktisi. Efektifitas LKS ditentukan dari hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Koto Salak yang menggunakan LKS.
Hasil validasi LKS yang dilakukan oleh 3 validator diperoleh nilai rata-rata validitas 79% dalam kategori valid, nilai praktikalitas memperoleh rata-rata 95% dalam kategori sangat praktis, dan nilai efektivitas memperoleh rata-rata 86% dalam kategori sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa LKS pembelajaran IPA pada materi pesawat sederhana yang dihasilkan memenuhi kategori valid dalam artian dapat diterapkan oleh siswa, kategori sangat praktis dalam arti mudah digunakan oleh siswa, dan kategori sangat efektif dalam artian LKS pembelajaran IPA ini dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Irwandy, Agus 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis kontekstual pada pembelajaran IPA Daur Air kelas V SDN Sekaran 01. Semarang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PGSD UNNES.
Isnanto, Dedy 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan
pembelajaran contextual teaching and learning materi pokok kegiatan ekonomi di indonesia siswa
kelas v sd. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PGSD UNY
Rahayu Herlinda Puji.2017. Pengembangan Media pembelajaran Interaktif Berbasis Makromedia Flash Pada Mata Pelajaran IPA Materi Tumbuhan Hijau Di kelas V SD Negeri 10 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Skripsi. Dharmasraya:UNDHARI.
Rusman . (2010). Model-model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers
Rusyana dan Setiawan (2010). Prinsip-prinsip Pembelajaran Efektif. Jakarta: Trans Mandiri Abadi
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta
Setiawan, Dedy. 2017. Pengembangan Lembar kerja siswa berbasis keterampilan proses tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku. Dharmasraya: fakultas ilmu kependidikan dan sekolah dasar UNDHARI.
Susanto, Ahmad (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di sekolah Dasar. Jakarta : Kencana
Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia
Zanah, Siti Umi. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Melalui Model Contextual Teaching And Learning Pada Materi Makhluk Hidup Dan Lingkungannya di Kelas Iv Sd Negeri 15 Koto Baru. Dharmasraya: fakultas ilmu kependidikan dan sekolah dasar UNDHARI.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v14i1.1756
Article Metrics
Sari view : 1001 timesPDF - 1345 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.