EVALUASI PENILAIAN KINERJA DOSEN DIDASARKAN PADA KOMPETENSI (STUDI KASUS PADA DOSEN FEB UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS PADANG)

Prima Yulianti

Sari


Abstract :This study aims to determine the effect of pedagogical competence, personality competence, social competence and professional competence on the performance evaluation of Lecturers at the University of Dharma Andalas. This study uses independent variables (X) namely Pedagogical Competencies (X1), Personality Competencies (X2), Social Competencies (X3), and Professional Competencies (X4), and the dependent variable (Y) namely Teacher Performance Assessment (Y). The population is all students of the Faculty of Economics and Business, Dharma Andalas University. The sampling technique was random sampling with a total sample of 462 respondents. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The results obtained from this study indicate that both parsia and simultaneous variables of pedagogical competence, personality competence, social competence and professional competence have a positive and significant impact on Lecturer Performance Assessment.
Keywords: Pedagogic Competence, Personality Competence, Social Competence, Professional Competence, Lecturer Performance Assessment

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fathorrahman. 2017. Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Kompetensi Sosial Dosen. Jurnal Akademika; Vol 15 No 1 Februari 2017. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ASIA Malang.

Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program SPSS 17. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irianto. 2015. Pengaruh kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang dimiliki dosen terhadap hasil belajar mahasiswa STIE AMM Malang. Jurnal bisnis dan kewirausahaan, Vol 11 No. 1 Maret 2015. STIE AMM Mataram

Manik Sudarmin, Nova Syafrina. 2018. “Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau”. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Panam, Pekanbaru. STIE Ilmu Ekonomi Riau.

Mattentuang, A. 2011. Pengaruh kompetensi sosial guru terhadap peningkatan Proses Pembelajaran ( Studi Kasus SMA Negeri 11 Makasar). Skripsi : Fakultas Takbiah Dan Keguruan UIN Alauddin Makasar.

Nurdianti, Raden Roro Suci, 2017. “Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri Di Kota Bandung”. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol. 18 No 2, 2017, 177-188. Universitas Siliwangi.

Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta : Andi

Sudaryono, Reni Febriani, Siti Rohmah. 2019. “Pengaruh Persepsi Kompetensi Dasar Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi pada prodi pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Banten Jaya)”. Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, Vol 2 No. 1, Februari 2019. E-ISSN 2622-7037. P-ISSN 2623-0763. Serang, Indonesia : Universitas Banten Jaya

Standar Nasional Pendidikan, Pasal 28 Ayat 3 dan Pasal 10 Ayat 1

Sugiyono. (2017). metode penelitian (pendidikan kualitatif, kuantitatif, dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta : Bandung

Sudarlan, & Rifadin. 2016. Pengaruh kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja dosen (Studi kasus Jurusan Akutansi Politeknik Negeri Samarinda). Eksis 12 (1): 3329-3338. ISSN 0216-6437. Samarinda.

Undang-Undang guru dan dosen nomor 14 tahun 2005

Yahya, Zamharil, Fitri Hidayati. 2014 “Analisis Kompetensi Terhadap Penilaian Kinerja Dosen (Studi Kasus Dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 17, No. 1 Januari-Juni 2014

Yulianti , P dan Putra, G.F (2018). Evaluasi Prestasi Belajar Didasarkan Pada Motivasi belajar Dan Lingkungan Keluarga Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dharma Andalas. Ekonomi dan bisnis Dharma Andalas 20 (2).316-326. ISSN 1693-3273 & 2527-3469. Padang.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v14i2.1730

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter