EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 3 PADANGPANJANG

Prima Yudhi

Sari


Berdasarkan analisis data nilai dan wawancara dengan guru yang mengajar di kelas XI di SMAN 3 Padangpanjang, diketahui bahwa masih banyak siswa menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit untuk dipelajari, dan siswa masih kesulitan untuk mengkomunikasikan konsep yang dimiliki siswa saat pembelajaran berlangsung dengan konsep yang telah dimiliki siswa. Pembelajaran yang berlangsung selama ini di sekolah sudah menggunakan beberapa inovasi, namun belum mengupayakan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada kelas yang memiliki persentase ketuntasan yang tinggi ternyata masih memiliki kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik, siswa belum terlatih merangkai penyelesaikan permasalahan secara komunikatif sehingga jawaban yang diberikan sulit dipahami setiap pembacanya.

Upaya untuk meningkatkan kemampuan ini adalah dengan menerapkan pendekatan Open-Ended dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran dengan pendekatan ini mengandung serangkaian kegiatan yang dapat memfasilitasi siswa melatih kemampuan komunikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMA N 3 Padang Panjang setelah diterapkan pendekatan 0pen -Ended dalam pembelajaran matematika.2). Mengetahui apakah pendekatan Open-Ended efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI  IPA 1 SMA N 3 Padangpanjang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang diambil secara purposive sampling.

Berdasarkan nilai tes awal dan tes akhir siswa diperoleh bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada tes awal yaitu 43,05 sedangkan pada tes akhir meningkat menjadi 83,43. dan berdasarkan perhitungan analisis kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh thitung>ttabel, yaitu thitung = 17,71 > 1,70 = t(0,05;25) maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik setelah diterapkan pendekatan Open-Ended dalam pembelajaran matematika dibandingkan sebelum diterapkan dalam pembelajaran matematika. Selain itu kemampuan komunikasi matematis siswa juga cenderung meningkat dari tes awal sampai tes akhir.

Kata Kunci : Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Komunikasi Matematis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armiati. 2009. Kemampuan Komunikasi Matematis. Kumpulan Artikel Seminar Nasional Matematika.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ahmadi Abu dan Nur Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Depdiknas.2008.Panduan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Diknas.

Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran.Bandung Bumi Aksar

Hamzah . 2008 . Model Pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara

Irianto Agus. 2003. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Padang : Kencana

Idzni Z Permana. 2011. Implementasi Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi UPI Bandung, (diakses 3 Januari 2012).

Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.

Pratiknyo Prawironegoro. 1985. Evaluasi Hasil Belajar Khusus Analisis Soal Untuk Bidang Studi Matematika. Jakarta : P2LPTK.

Soetopo Soemanto. 1991. Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Malang: Bumi Aksara

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung : Tarsito

Suriasumantri, Jujun S. 1995. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sulistiyono, dkk. 2007. Matematika SMA dan MA. Jakarta : Erlangga

Soekartawi. 1995 . Meningkatkan Rancangan Intruksional (Instruksional Design). Jakarta

Trianto. 2009. Model - Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta : Prestasi Pustaka




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i75.165

Article Metrics

Sari view : 175 times
PDF - 162 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.