EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 3 PADANGPANJANG
Sari
Berdasarkan analisis data nilai dan wawancara dengan guru yang mengajar di kelas XI di SMAN 3 Padangpanjang, diketahui bahwa masih banyak siswa menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit untuk dipelajari, dan siswa masih kesulitan untuk mengkomunikasikan konsep yang dimiliki siswa saat pembelajaran berlangsung dengan konsep yang telah dimiliki siswa. Pembelajaran yang berlangsung selama ini di sekolah sudah menggunakan beberapa inovasi, namun belum mengupayakan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada kelas yang memiliki persentase ketuntasan yang tinggi ternyata masih memiliki kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik, siswa belum terlatih merangkai penyelesaikan permasalahan secara komunikatif sehingga jawaban yang diberikan sulit dipahami setiap pembacanya.
Upaya untuk meningkatkan kemampuan ini adalah dengan menerapkan pendekatan Open-Ended dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran dengan pendekatan ini mengandung serangkaian kegiatan yang dapat memfasilitasi siswa melatih kemampuan komunikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMA N 3 Padang Panjang setelah diterapkan pendekatan 0pen -Ended dalam pembelajaran matematika.2). Mengetahui apakah pendekatan Open-Ended efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA N 3 Padangpanjang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang diambil secara purposive sampling.
Berdasarkan nilai tes awal dan tes akhir siswa diperoleh bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada tes awal yaitu 43,05 sedangkan pada tes akhir meningkat menjadi 83,43. dan berdasarkan perhitungan analisis kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh thitung>ttabel, yaitu thitung = 17,71 > 1,70 = t(0,05;25) maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik setelah diterapkan pendekatan Open-Ended dalam pembelajaran matematika dibandingkan sebelum diterapkan dalam pembelajaran matematika. Selain itu kemampuan komunikasi matematis siswa juga cenderung meningkat dari tes awal sampai tes akhir.
Kata Kunci : Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Komunikasi Matematis
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Armiati. 2009. Kemampuan Komunikasi Matematis. Kumpulan Artikel Seminar Nasional Matematika.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ahmadi Abu dan Nur Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Depdiknas.2008.Panduan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Diknas.
Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran.Bandung Bumi Aksar
Hamzah . 2008 . Model Pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara
Irianto Agus. 2003. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Padang : Kencana
Idzni Z Permana. 2011. Implementasi Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi UPI Bandung, (diakses 3 Januari 2012).
Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.
Pratiknyo Prawironegoro. 1985. Evaluasi Hasil Belajar Khusus Analisis Soal Untuk Bidang Studi Matematika. Jakarta : P2LPTK.
Soetopo Soemanto. 1991. Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Malang: Bumi Aksara
Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung : Tarsito
Suriasumantri, Jujun S. 1995. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sulistiyono, dkk. 2007. Matematika SMA dan MA. Jakarta : Erlangga
Soekartawi. 1995 . Meningkatkan Rancangan Intruksional (Instruksional Design). Jakarta
Trianto. 2009. Model - Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta : Prestasi Pustaka
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i75.165
Article Metrics
Sari view : 175 timesPDF - 162 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.