MEMBANGUN KARAKTER MELALUI IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECAKAPAN ABAD 21
Sari
Kata Kunci: karakter, teori belajar behavioristik, matematika, kecakapan abad 21
Teks Lengkap:
PDFReferensi
BSNP, “Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI,” [Online], 2010. Yana, “Pendidikan Abad 21,” [Online], 2013. Kemendikbud, “Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),” Dit. PSMA Ditjen. Pendidik. Dasar dan Menengah., 2017. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta cv, 2015. M. Samani and Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya, 2011. T. Lickhona, Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2012. E. Martini, E. Kusnadi, and A. R. tri Bagja, “Pengaruh Pola asuh Orang Tua terhadap Anak,” 2017. Komalasari and Saripudin, Pendidikan Karakter Konsep Dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT.Refika Aditama, 2017. D. K. Albertus, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT.Grasindo, 2007. Alwisol, “Edisi revisi,” in Psikologi kepribadian, Malang: UMM Press, 2006. P. Kemendikbud, “Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter.” Balitbang dan Puskur, Jakarta, 2011. F. Andriyani, “Teori Belajar Behavioristik dan Pandangan Islam tentang Behavioristik.,” J. Pendidik. dan Pranata Islam, vol. 10, no. 2, pp. 165–180, 2015. Kholik and Rusli, “Theory of Learning According to Educational Psychology,” J. Sos. Hum., vol. 4, no. 2, pp. 62–67, 2013. A. Ahmadi, Psikologi Umum. Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2003. R. E. Slavin, “Educational Psychology: Theory and Practice, 8th Edition,” in Educational Psychology, 8th ed., Pearson Education, Inc., 2006. P. M. Yusuf, Komunikasi Intruksional Teori dan Praktik. Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2010. Sunhaji, Strategi Pembelajaran : Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Grafindo Litera Media, 2009. P. P. R. Center, 21st Century Skills for Students and Teachers. Honolulu: Kamehameha Schools, Research & Evaluation Division, 2010. A. R. Ashari, Pengembangan Karakter dalam Pembelajaran Matematika: Prioritas dalam Rangka Mengembangkan 4C’s. Jawa Timur: Universitas Negeri Malang, 2016. Sunardi, D. Kurniati, and E. D. Setiyawati, “Pengembangan Indikator 4 c’s Selaras dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2,” Kadikma, vol. 8, no. 3, pp. 134–144, 2017. P. P. R. Center, “Partnership for 21 Century Learning,” 2016.
National Education Association (NEA), Preparing 21st Century Students for Global Society: An educator’s guide to the “Four Cs". Washington: National Education Association (NEA), 2011. S. Ryan D., How Critical Is Critical Thinking? Michigan State University: East Lansing, 2015. T. N. H. Yunianta, Rochmad, and A. Rusilowati, “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Implementasi Project Based Learning dengan Peer and Self Assesment untuk Materi Segiempat kelas VII SMPN RSBI 1 Juwana di Kabupaten Pati,” in Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 2012. BNSP, “Peraturan Mendiknas No 22 dan 23 tahun 2006.” BNSP, Jakarta, 2006. Kemendiknas, “Rencana Aksi Pendidikan Nasional Pendidikan Karakter.” Jakarta, 2010. D. Saputro, “Penerapan Teori Behavioristik untuk Meminimalisir Penggunaan Handphone pada Jam Pembelajaran 3 Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teras Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015,” Karya Ilm. Mhs. FKIP, Vol. 1, no. 2, 2015. H. Fajri, “Efektivitas Teknik Behavior Contract untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Kelas X Di SMA Negeri 5 Malang,” SKRIPSI Jur. Bimbing. dan Konseling Psikologi-Fakultas Ilmu Pendidik. UM, 2011.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v13i11.1649
Article Metrics
Sari view : 6320 timesPDF - 7435 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.