KECERDASAN EMOSIONAL PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG
Sari
Perilaku perawat yang didasari dengan kecerdasan emosional yang tinggi dapat meningkatkan kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan. Kepuasan pasien yang baik menandakan bahwa mutu pelayanan rumah sakit berkualitas. Di rumah sakit tenaga kesehatan yang paling dominan dan 24 jam kontak dengan pasien adalah perawat, kecerdasan emosional perawat sangat mempengaruhui kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional perawat dengan kepuasan pasien. Jenis penelitian ini adalah Cross Sectional Study dengan populasi seluruh pasien yang dirawat dinstalasi rawat non bedah RSUP Dr. M. Djamil dengan sebanyak 100 orang dengan pengambilan sampel secara Stratified proportional random sampling. Hasil penelitian didapat ada hubungan yang signifikan antara self awareness perawat, self management perawat, social awareness perawat, relationship management perawat, dengan kepuasan pasien, dan variabel yang paling dominan adalah self awareness perawat dengan kepuasan pasien dengan nila OR 19,841. Diharapkan seluruh tenaga keperawatan yang melayani pasien untuk menambahh ilmu pengetahuan dan keterampilan terkait dengan peningkatan kecerdasan emosional perawat, soft skills, caring dan komunikasi terapeutik maupun komunikasi efektif yang dapat menunjang kecerdasan emosional perawat.
Kata kunci : Kecerdasan emosional, kepuasan, pasien
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustian,A.G. (2005). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: arga.
Ardiana, A. (2010). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Caring Perawat Pelaksana Menurut Persepsi Pasien Diruangan Rawat Inap RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso. Tesis. Depok: FIK UI. Tidak dipublikasikan.
Bar-on, Reuven. (2007). Bar-on model of emotional-social intelligence. (http://reuvenbaron.org/bar-on-model/essay.php?i=3#intra, diakses 10 Maret 2015).
Chaplin, J.P. (2002). Kamus Lengkap Psikologi. Penterjemah Kartini Kartono. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Citra, D. (2009). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Stres Kerja Perawat di RSUD Dr. Sayidiman Magetan Jawa Timur. Tesis. Depok: FIK UI. Tidak dipublikasikan.
Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia (2008). Pedoman Indikator Mutu Pelayanan Keperawatan Klinik di Sarana Kesehatan. Jakarta: Depkes RI.
Dahlan, M.S. (2008). Statistik dalam Penelitian Kesehatan, Seri 2. Jakarta: Sagung Seto.
Anonim. (2012). Rumah Sakit Umum Pusat Dr.M.Djamil Padang. Padang: Bidang Keperawatan.[Data tidak dipublikasikan].
Dewi, S. (2008). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Spiritual terhadap Kinerja (Studi Kasus pada Perawat di RSAB Harapan Kita). Tesis STIE IPWIJA. Tidak dipublikasikan.
Goleman, D. (2002). Healing Emitions (Penyembuhan Emosi). Peterjemah Alex Tri Kantjono Widodo. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Goleman, D. (2005). Kecerdasan Emosi untuk Pencapaian Prestasi. Peterjemah Alex Tri Kantjono Widodo. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Gunarsa, S.D & Yulia, S.D. (2003). Psikologi Perawatan. Jakarta: Gunung Mulia.
Hanafi, (2004), Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.
Mailam, (2005). The effect of nursing care on overall patient satifaction and its predictive value on return – to – provider behavior: A survey study. Journal Quality Management In Health Care. (http://ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15907021, diakses 10 Maret 2014).
McQueen, (2004). Nurse-patient relationship and partnership in hospital care. Journal of Clinical Nursing. http://www.ncbi.nlm.gov/ pubmed/15186473, diakses 13 Maret 2014).
Muninjaya, (2004). Management Kesehatan. Jakarta: EGC.
Musnandar, A. (2012). Soft skills, IQ, EL dan keterkaitannya dengan unjuk kerja: merubah paradigma pendidikan. (hppt://www.eicons ortium.org, diakses 6 Maret 2013).
Notoatmodjo, (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Reneka Cipta.
Notoatmodjo, (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Reneka Cipta.
Notosiswono, M. (2008). Kecerdasan Emosional Bidan Desa serta Kaitannya dengan Kinerja Mereka dalam Pelaksanaan Tugas. Jurnal Kedokteran YARSI. Vol. 2. No. 3. Hal. 37 – 41.
Nurita, M. (2012). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kinerja Perawat pada RSUP Fatmawati Jakarta Selatan. Tesis. Depok: FIK UI. Tidak dipublikasikan.
Nursalam, (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: EGC.
Nursalam, (2011). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.
Parasuraman, A. Z. & Berry. L. L (2002). Serqual : a. Multiple item scale for measuring consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. Vol. 64. No. 1. Pg 14 – 40.
Purnama, L. (2010). Tingkat Kecerdasan Emosional Perawat RSAI Hermina Jatinegara. Tesis. Jakarta: FKM UI. Tidak dipublikasikan.
Potter, P.A & Perry, A.G. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik. Edisi 4. Jakarta: EGC
Robbins, S.P & Judge, T.A. (2008). Perilaku Organisasi. Peterjemah Diana Angelica, dkk. Edisi 12. Jakarta: Selemba Empat.
Safaria, T. & Saputra, E.N. (2012). Manajemen Emosi: Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Setiawan, S. (2011). Loyalitas Pelanggan Jasa. Bogor: PT. Penerbit IPB.
Suwardi, (2008). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Komunikasi Terapeutik Perawat RSU Pandan Arang Boyolali. Skripsi. Universitas Surakarta. Tidak dipublikasikan.
Swansburg, R. C (2005). Introduction Management and Leadership of Nurse. Canada : Jones and Barlett Publishers.
Triatmojo, Y. (2007). Pelayanan Publik dan Konsep tentang Kepuasan Pelanggan. Jakarta: EGC.
Wibowo, B.S. (2001). Penerapan Kecerdasan Emosional Pada Penerapan Etika Manajemen RS dalam Membentuk Sikap Mental Positif. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Widodo, (2005). Indeks Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Publik. Jakarta: Salemba Medika.
Zainuddin, AF. (2005). Spiritual Emotional Freedom Technique. Jakarta: SEFT.
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i75.164
Article Metrics
Sari view : 828 timesPDF - 1079 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.