PERBANDINGAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DENGAN STRATEGI EKSPOSITORI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PADANG PANJANG

Yur nalis

Sari


Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah banyaknya materi yang harus diselesaikan oleh guru sehingga pembelajaran cenderung monoton dan berpusat pada guru sedangkan siswa banyak yang malu bertanya kepada gurunya sehingga aktivitas siswapun berkurang, untuk itu penulis mencoba mengatasi masalah tersebut dengan mencoba menerapkan strategi tutor sebaya dimana siswa yang malu bertanya kepada gurunya akan bertanya kepada teman sebaya atau tutor nya sehingga diharapkan aktivitas siswa meningkat dan hasil belajar siswa juga meningkat. Penulis akan membadingkan strategi tutor sebaya dengan strategi ekspositori. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi tutor sebaya dengan yang menggunakan strategi ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padangpanjang dan bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan strategi tutor sebaya dan ativitas siswa dalam penerapan strategi ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Padang panjang sedangkan sampelnya adalah VII.E dan VII.F. Jenis penelitian adalah penelitian esperimen semu. Berdasarkan hasil analisis dengan taraf  kepercayaan 95%  diperoleh  maka  ditolak Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi tutor sebaya dengan yang menggunakan strategi ekspositori, dimana hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi tutor sebaya lebih baik daripada yang menggunakan strategi ekspositori pada kelas VII SMP Negeri 1 Padangpanjang. Aktivitas siswa kelas eksperimen I cendrung mengalami peningkatan. Dibandingkan dengan kelas eksperimen II yang kurang mengalami peningkatan, walaupun ada beberapa indikator yang mengalami peningkatan.

Kata-kata kunci: Strategi Tutor Sebaya dan Strategi Ekspositori


Referensi


Azizah, Rizka. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skirpsi tidak diterbitkan. Jakarta : Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah

Djamarah, Syaiful, Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsindo

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Suherman, Erman. 2003. Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Bumi Aksara

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i75.163

Article Metrics

Sari view : 83 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.