PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Sari
Berdasarkan pengamatan dan pengamatan penulis sebagai peneliti di SD Negeri 44 Kalumbuk Padang, terlihat rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas VI sehingga membuat siswa bekesulitan dalam memahami teks bacaan. standar ketuntasan dalam pembelajaran yang diinginkan belum tercapai.Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih dilaksanakan secara konvensional yaitu berpusat pada guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan CTL dapat dilihat pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 55,5 dan pada pertemuan 2 diperoleh nilai 77,5. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil rata-rata nilai siswa yaitu 97,8. Dengan kesimpulan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Kata kunci : Meningkatkan, Kemampuan, Membaca Pemahaman
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Depdiknas. 2006. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta : Depdiknas
_______. 2007. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning). Depdiknas Dirjen Diknas
Farida Rahim. 2006. Penelitian Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.
Jessica, 2001. Contextual Teaching and Learning: what it is and why it’s here to stay. Bandung: MLC
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurukulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ngalim Purwanto. 2004. Metodologi Penelitian Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung : Rosda Karya.
Ritawati Mahyudin. 2003. Makalah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas-Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Padang: UNP.
Sumiati. Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima
Soedarso. 2005. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Winataputra. Udin S. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka
Wina, Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nasar, 2006, Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual Berdasarkan Sisko
Jakarta: Grasindo
Nurhadi, dan Agus Gerrad, Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contektual Teaching And Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM PRESS
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i75.159
Article Metrics
Sari view : 667 timesPDF - 454 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.