PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII. A SMPN 2 SOLOK SELATAN PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD
Sari
pembelajaran kooperatif tipe STAD juga mrmbawa dampak positif terhadap pencapaian
hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai hasil belajar siswa mencapai rata-rata kelas sebesar
65,2. Dan setelah diperbaiki pada siklus II dengan menggunakan pembelajaran kooperatif
tipe STAD mengalami peningkatan yaitu menjadi 80,2.
Kata Kunci: Bahasa Indonesia. Pembelajaran Kontekstual
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Badudu, J.S. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.
Etin solihatin.2005.Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS di Tingkat Persekolahan. Jakarta:bumi Aksara Nurasma.2006. Model Cooperative Learning. Jakarta:Depdiknas Oemar, Hamalik. 1993. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara Trisnaldi, Cecep. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah. Padang: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Sumatera Barat. Wardhani, Igak. Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i9.1555
Article Metrics
Sari view : 163 timesPDF - 119 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.